5 Terpopuler Teknologi, Muncul Wacana Aktivasi FB Pakai Nomor HP dan Waspadai Investasi Asing pada Startup Lokal

Muncul wacana aktivasi Facebook di Indonesia menggunakan nomor HP menjadi berita terpopuler di kanal Teknologi Bisnis.com pada hari Senin (5/8/2019).
Ahmad Rifai
Ahmad Rifai - Bisnis.com 05 Agustus 2019  |  18:23 WIB
5 Terpopuler Teknologi, Muncul Wacana Aktivasi FB Pakai Nomor HP dan Waspadai Investasi Asing pada Startup Lokal
Stiker dengan logo Facebook terlihat dalam konferensi F8 yang digelar Facebook di San Jose, California, AS, Selasa (30/4/2019). - Reuters/Stephen Lam

1. Regulasi Regristrasi Kartu Akan Diperketat, Aktivasi FB Pakai Nomor HP?

Kementerian Komunikasi dan Informatika akan memperketat Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 21/2017 tentang perubahan kedua atas Peraturan Menteri No.12/2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Peraturan tersebut mengatur mengenai regristrasi kartu sim prabayar, yang salah satu poinnya berisi mekanisme kepemilikan kartu, satu nomor induk kependudukan hanya boleh memiiki 3 nomor gawai per operator.

Baca selengkapnya di sini.

2. Akuisisi Red Hat, IBM Gelontorkan US$34 Juta

Perusahaan penyedia layanan komputasi awan asal Amerika Serikat, IBM, belum lama ini menuntaskan proses akuisisi senilai US$34 juta terhadap perusahaan penyedia layanan solusi lainnya, yakni Red Hat.

Country Manager Cloud & Solutions IBM Indonesia Lianna Susanto, mengatakan akuisisi tersebut merupakan upaya perusahaan dalam memosisikan diri sebagai penyedia layanan komputasi awan hybrid terdepan sekaligus mengakselerasi bisnis.

Baca selengkapnya di sini.

3. Peredaran Ponsel Ilegal: Efektifkah Validasi IMEI?

Potensi kehilangan pajak yang lebih besar karena peredaran ponsel ilegal di Indonesia pada 2019 mau tidak mau mendorong adanya tindakan nyata dari berbagai pihak tanpa harus menunggu aturan validasi IMEI yang rencananya baru akan memasuki fase operasional 17 Februari 2020.

Berdasarkan data Indonesia Teknologi Forum (ITF), peredaran ponsel ilegal di Tanah Air tahun ini diperkirakan mencapai 30% dari total 50 juta ponsel baru yang masuk, atau naik 10% dari total peredaran ponsel ilegal.

Baca selengkapnya di sini.

4. Proyek Jakarta Smart City, Sampai Mana Progresnya?

Kerja sama yang terjalin antara perusahaan rintisan asal Jerman, Start Up Asia Berlin, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan sektor privat, dalam program pengembangan kota pintar di Jakarta bakal melewati proses negosiasi yang panjang.

Alex Kobaskov, representatif Enpact dan Start Up Asia Berlin, menjelaskan semua pihak terlibat masih membutuhkan waktu untuk menentukan arah serta memahami permintaan, sebelum akhirnya dapat menentukan prioritas yang jelas serta teknologi yang tepat untuk program bertajuk Jakarta Smart City tersebut.

Baca selengkapnya di sini.

5. Waspadai Investasi Asing pada Startup Lokal

Peneliti Indef Bhima Yudhistira menyatakan, pada prinsipnya dana asing yang mengalir ke startup punya beberapa kepentingan yang mesti dicermati.

Pertama, soal integrasi horizontal yakni startup di Indonesia digunakan sebagai rantai pasok produk perusahaan lain.

Baca selengkapnya di sini.

Editor : Surya Rianto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top