Libur Lebaran, Jaringan XL Paling Padat di Jawa Barat

Jika dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu, peningkatan trafik data XL mencapai 57%.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 10 Juni 2019  |  18:37 WIB
Libur Lebaran, Jaringan XL Paling Padat di Jawa Barat
Karyawan menunjukkan aplikasi Peta Jelajah Nusantara, saat peluncurannya di Jakarta, Selasa (28/5/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA  — PT XL Axiata Tbk. mencatat pertumbuhan trafik layanan data hingga 24% selama liburan Hari Raya Idulfitri dibandingkan dengan hari biasa. Jika dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu, peningkatan trafik data mencapai 57%.

Direktur Teknologi PT XL Axiata Tbk, Yessie D. Yosetya menuturkan selain data, trafik layanan SMS juga mengalami peningkatan sebesar 3% dibandingkan hari biasa, sedangkan layanan percakapan/voice cenderung mengalami penurunan karena perubahan perilaku pengguna yang banyak beralih ke layanan data.

Adapun dari sisi wilayah, Jawa Barat menjadi kota dengan peningkatan trafik data tertinggi selama liburan Lebaran mengalahkan Lampung. 

“Provinsi Jawa Barat dan Lampung menjadi wilayah dengan trafik data tertinggi selama periode lebaran dengan peningkatan sebesar 43% dan 38% dibandingkan dengan hari biasa,” kata Yessie dalam rilis yang diterima Bisnis, Senin (10/6/2019).

Yessie menambahkan berdasarkan data dari pusat monitoring, jaringan XL Axiata di sejumlah kawasan juga mengalami lonjakan trafik yang signifikan dibandingkan kondisi normal.

Yessie menyebutkan di pusat perbelanjaan trafik data XL Axiata meningkat 6%, lokasi wisata naik 9%, bandara naik 5%, dan stasiun kereta rata-rata naik 12%.

“Seiring dengan adanya arus mudik dan balik, trafik di area-area sepanjang jalan tol Trans Jawa juga naik cukup signifikan, yaitu sekitar 6% dibandingkan hari normal di luar masa mudik,” kata Yessie.

Yessie menjelaskan dengan adanya jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera, perpindahan trafik layanan antar daerah juga meningkat. Tercatat, trafik layanan data di wilayah Jabodetabek berkurang 8% selama Lebaran 2019. Sebaliknya, trafik layanan data di Jawa Tengah dan Yogyakarta naik antara 10%—25%, Jawa Barat naik 11%—43%, Lampung naik 38%, dan Sumatra Selatan naik 15%.

Lebih spesifik, Yessie menyebutkan sejumlah kota yang menyumbang kenaikan trafik tertinggi di wilayah-wilayah yang menjadi tujuan mudik atau perpindahan pelanggan diantaranya yaitu Kota Jepara naik 137% dibanding hari normal, Kuningan naik 102%, dan Kabupaten Pemalang naik 83%.

Kemudian, di wilayah Kalimantan, Kutai Kartanegara menjadi kota dengan peningkatan trafik tertinggi hingga yaitu naik 79%, Tanah Laut naik 51% dan Balikpapan naik 40%. Sementara itu, di Sulawesi, Kabupaten Pinrang, naik 81%, dan Kota Manado naik sekitar 16%.

“Untuk memastikan semua layanan berjalan dengan baik, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas baik di jaringan core, transmisi, juga kapasitas radio di jalur mudik,” kata Yessie.

Dia menambahkan pada pada jaringan inti, peningkatan kapasitas secara menyeluruh dilakukan terutama pada radio akses (RAN) di sekitar 1.700 BTS, sekitar 250 jalur/hop transport, serta Sistem Utama Core (GGSN) paket data. Selain itu, juga dilakukan penambahan upstream menjadi 1,5 kali melalui 2 exchange (Singapura dan Australia).

Selain itu, XL Axiata juga telah menyiapkan sekitar 50 MBTS dan sekitar 10.000 BTS baru di jalur mudik, tujuan mudik dan tempat wisata yang ramai dikunjungi saat Lebaran. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
xl axiata

Editor : Demis Rizky Gosta
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top