Euforia Esports Dorong Penjualan PC Gaming

Pasar global untuk produk desktop, laptop, dan monitor gaming diperkirakan tumbuh 8,2% year-on- year pada 2019.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 09 April 2019  |  08:59 WIB
Euforia Esports Dorong Penjualan PC Gaming
Ilustrasi ESports - Reuters/Sergio Perez

Bisnis.com, JAKARTA — Tren kompetisi esports yang melanda dunia mendongkrak penjualan produk komputer personal (PC) gim secara global.

Berdasarkan data International Data Corporation (IDC) 5 April lalu, pasar global untuk produk desktop, laptop, dan monitor gaming diperkirakan tumbuh 8,2% year-on- year pada 2019 dengan total jumlah unit yang dikapalkan mencapai 42,1 juta.

Terdapat 3 hal yang mendorong pertumbuhan tersebut yaitu meningkatnya ketertarikan konsumen,  meningkatnya popularitas kompetisi esports, dan hadirnya perangkat baru yang diproduksi oleh vendor GPU.

Pada 2023 mendatang pasar produk personal computer (PC) gaming diperkirakan menggelembung hingga mencapai 61,1 juta dan rerata pertumbuhan tahunan (CAGR) 9,8%.

Hal tersebut tidak terlepas dari pengaruh hadirnya permainan-permainan terbaru yang memadukan teknologi grafik semisal Ray Tracing dan juga semakin banyaknya konten-konten yang berkaitan dengan gim.

Sementara itu, produk notebook gaming diperkirakan bertumbuh 13,3% year over year dengan total jumlah unit yang dikapalkan mencapai 20,1 juta pada tahun ini. Selain itu, segmen monitor gaming akan tumbuh 21,3% year over year dengan 6,4 juta unit.

Research Manager of IDC Mobile Device Tracker Jitesh Ubrani mengatakan maraknya gim streaming serta terjadinya peningkatan yang berkelanjutan dari gim daring memberikan tantangan serta kesempatan baru bagi pasar gim berbasis PC.

"Ada banyak alasan untuk optimistis seiring dengan munculnya isu latensi dan persyaratan bandwidth yang tampaknya bakal membatasi kesuksesan layanan gim daring dalam waktu dekat," ujar Jitesh dalam keterangan resmi yang diperoleh Bisnis, Senin (8/4/2019).

Berbanding terbalik dengan gim daring, lanjutnya, gim berbasis PC memiliki pustaka yang besar, terutama untuk gim-gim dengan genre hardcore yang hadir khusus untuk gamer dari tipe berbeda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
video game

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top