Kualitas Jaminan Kesetiaan Pelanggan Home Broadband

Rachmad Subiyanto
Rabu, 27 Februari 2019 | 12:54 WIB
Suasana co-working space di Cocowork The Maja, Jakarta Selatan./cocowork.co
Suasana co-working space di Cocowork The Maja, Jakarta Selatan./cocowork.co
Bagikan

Bisnis.com, BARCELONA — Peningkatan kualitas dan layanan kepada pelanggan home-broadband dinilai dapat meningkatkan “kesetiaan” pelanggan terhadap operator telekomunikasi dan mengurangi peluang untuk beralih ke operator lain.

Analis Utama IHS Markit Elias Aravantinos mengatakan saat ini internet pita lebar atau broadband telah menjadi komoditas dan sering diklasifikasikan sebagai hal yang penting seperti listrik dan air. Karena itu, saat menangani broadband sebagai komoditas, penyedia layanan atau operator harus dapat memahami konsumen lebih efektif melalui layanan pelanggan dan channel pemasaran.

“Dengan memberikan pengalaman maksimal kepada pelanggan, operator dapat mengendalikan tingkat churn rate pelanggan dan secara efisien menumbuhkan pendapatan layanan mereka,” ujarnya dalam konferensi pers di Mobile World Congress (MWC) 2019, Selasa (26/2/2019).

Evolusi dari bisnis model baru yang dipicu oleh pengaturan personal dari setiap pelanggan, kata Aravantinos, dapat menjadi salah satu bentuk layanan premium. Selain itu, operator juga dapat mendorong berkembangnya ekosistem digital pada fase selanjutnya yang lebih baik.

Layanan broadband berkontribusi signifikan pada kondisi sosial dan ekonomi masyarakat karena secara lagsung menjadi gerbang bagi transformasi digital ekonomi.  

Digital Media & Entertainment Director Turkcel Baris Zavaroglu mengatakan pihaknya telah melakukan transformasi bisnis sebagai penyedia layanan broadband. Dia menyebutkan peningkatan pelayanan pelanggan dapat direalisasikan dengan peningkatan kualitas jaringan serta membuka opsi tersedianya bisnis baru bagi pendapatan perseroan.

“Kalau kami dengan menyediakan layanan televisi berbayar yang sudah mendukung 4K dan ini menjadi sumber pendapatan lini bisnis kami,” katanya.

Access Transport Technology Manager Turkcel Murat Akin menambahkan pihaknya melakukan riset terhadap konsumen sehingga dapat menyediakan WiFi di rumah yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper