Palapa Ring Paket Timur Diyakini Beri Manfaat Ekonomi

Lavinda
Jumat, 24 Februari 2017 | 15:59 WIB
Proyek Palapa Ring/indotelko
Proyek Palapa Ring/indotelko
Bagikan

Bisnis.com, MANOKWARI—Proyek Palapa Ring Paket Timur diyakini memberi manfaat sebagai tol informasi yang menghubungkan seluruh kawasan Timur, sehingga akhirnya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat sosialisasi Proyek Palapa Ring Paket Timur di Manokwari, Papua Barat, Jumat (24/2/2017). Sehari sebelumnya, kementerian juga mengadakan sosialisasi yang sama di Jayapura, Papua.

“Intinya, proyek berfungsi sebagai tol informasi yang menghubungkan seluruh yang berada di wilayah tak menguntungkan secara komersial,” ungkapnya.

Proyek Palapa Ring paket ketiga itu diklaim akan memberi beberapa manfaat bagi masyarakat di wilayah Timur, antara lain mampu mengejar pengembangan infrastruktur telekomunikasi, menyediakan internet berkecepatan tinggi dan murah, serta memenuhi kebutuhan konektivitas data sebagai langkah mempercepat pembangunan dan pemerataan ekonomi nasional.

Tak hanya itu, meningkatkan pendidikan melalui faslitas internet, dan membuka peluang bisnis baru bagi usaha menengah, kecil, dan mikro (UMKM) di pelosok daerah dan meningkatkan taraf hidup melalui kegiatan ekonomi berbasis digital.

Proyek dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) itu ditargetkan pembangunannya dimulai pada Juni 2017, dan diharapkan rampung pada 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lavinda
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper