Qualcomm Perkenalkan Prosesor Snapdragon 801 dan 808

Lukas Hendra TM
Selasa, 8 April 2014 | 00:41 WIB
Bagikan

Bisnis.com JAKARTA – Perusahaan asal Amerika Serikat Qualcomm Incorporated memperkenalkan prosesor mobile generasi terbaru besutannya yang diklaim memiliki performa tertinggi dari cara kerja 64-bit yang dikemas teknologi long term evolution (LTE).

Perusahaan merilis seri Snapdragon 810 dan 808 sebagai lineup chipset untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Kedua chip ini mengintegrasikan LTE Advanced Kategori 6 multimode modem yang  secara teoritis dapat menawarkan hingga 300 megabyte per detik (mbps) download dan 50 mbps untuk upload.

Padahal, teknologi 4G LTE saat ini di AS menawarkan hanya sebagian kecil dari kecepatan tersebut. Memang, Qualcomm meluncurkan chip 64-bit untuk ponsel high-end di Mobile World Congress 2014.

"Pengumuman ini menggarisbawahi Qualcomm Teknologi fokus pada kepemimpinan 64-bit dengan rincian lebih lanjut diharapkan untuk dibagikan akhir tahun ini," pernyataan perusahaan itu seperti ndikutip Cnet.com, Senin (7/4/2014).

Khusus untuk varian 810 merupakan prosesor tercepat besutan Snapdragon sampai saat ini yang menggabungkan 64-bit  ARM quad core Cortex- A57 dan Cortex- A53 central processing unit (CPU ) .

Tak hanya itu, varian 810 juga menggunakan kartu grafis (graphics processing unit/GPU) Adreno 430 Qualcomm yang dirancang untuk memberikan hingga 30% kinerja grafis yang lebih cepat. Selain itu, kartu grafis ini diperkirakan dapat mengurangi konsumsi daya hingga 20% dibandingkan dengan Adreno 420 GPU.

Namun sayang, perusahaan baru mengirimkan sampel produk Snapdragon 810 dan 808 prosesor pada kuartal ketiga tahun ini. “Harapannya akan tersedia di pasar pada perangkat komersial pada paruh pertama 2015.”

Sebelumnya, awal 2014 Qualcomm juga telah merilis 64 -bit Snapdragon 610 dan 615 dengan standar 4G LTE yang menggunakan Adreno 420 GPU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper