Penjualan Perangkat Keras AMD Bertumbuh

Thomas Mola
Kamis, 12 September 2013 | 20:07 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan semikonduktor Amerika AMD mengungkapkan penjualan prosesor terus bertumbuh walaupun penjualan personal computer (PC) cenderung datar. AMD mengklaim berdasarkan data International Data Corporation (IDC) pada kuartal II/2013, pangsa pasar AMD untuk PC di Asia Pasifik sebesar 22,7% atau naik dari 20,5% pada kuartal sebelumnya.

Consumer Business Lead AMD Indonesia Victor Herliato mengatakan pernjualan AMD tetap naik karena banyak vendor PC yang telah bekerja sama dengan AMD tetap mengeluarkan produk dengan banyak varian harga dan spesifikasi. Untuk meningkatkan pansa pasar, AMD tetap fokus mengedukasi pengguna agar mengetahui keunggulan memakai produk AMD.

“Saat ini share market kami 22,5% dan pesaing sebelah juga mungkin segitu. Sisanya merupakan pelanggan menjadikan harga sebagai pertimbangan atau pelanggan 'mengambang', sehingga edukasi menjadi penting,” ujar Victor di Jakarta, Kamis, (12/9/2013).

Victor menuturkan produk terakhir AMD yang saat ini sudah diadopsi oleh beberapa vendor PC kenamaan ialah prosesor accelerator prosesor units (APU) generasi ketiga yang terdiri atas AMD APU Elite Mobility 2013 (Termash), AMD APU Mainstream 2013 (Kabini), AMD APU Elite Perfomance (Richland). Beberapa vendor yang sudah menggunakan generasi ketiga ini antara lain Lenovo, Acer, Toshiba, MSI, Samsung, dan HP.

Victor menjelaskan APU Elite Mobility menyasar pasar yang membutuhkan PC berdaya tahan baterai tinggi tetapi dengan kinerja grafis yang mumpuni. Prosesor ini digunakan di notebook mini layar berukuran 13 inci dan tablet hybrid. APU Mainstream menyasar pengguna pemula, pekerja kantoran, mahasiswa dan para pelajar. Prosesor ini hadir di notebook entry level dan layar sentuh.

“Elite Perfomance sudah hadir dalam notebook ultrathin dan lebih menyasar para pekerja yang membutuhkan kualitas grafis dan untuk para gamer, karena kinerjanya yang baik,” ujarnya.

Victor mengatakan ketangguhan APU generasi ketiga ini terbukti karena sudah digunakan oleh tiga game ternama yakni Wii U, PS 4, dan X-Box One. AMD mengklaim menguasai prosesor game secara global.

Adapun AMD pertama kali mengembangkan generasi pertama APU pada tahun 2011, selanjutnya generasi kedua pada tahun 2012, dan generasi ketiga pada 2013. Pada tahun 2014, pihaknya akan mengeluarkan generasi keempat yang diklaim akan lebih tangguh, hemat baterai, dan lebih tipis.

Lebih lanjut, Victor mengatakan AMD sudah mengumumkan masuk ke ponsel pintar berbasis Android. Namun, kapan waktu persis untuk mengeluarkan produk yang mendukung Android itu masih belum diketahui.

Smartphone pasarnya besar tapi pemainnya juga banyak, pasar yang berdarah-darah. AMD sudah umumkan akan keluarkan untuk Android tapi tentu saja dengan kelebihan yang mungkin tidak dimiliki yang lain sehingga dapat bersaing,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Thomas Mola
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper