Apple Siapkan Rp15 Miliar Bagi Penguji yang Mampu Retas PCC Apple Intelligence

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 25 Oktober 2024 | 08:25 WIB
Apple Store di New York, Amerika Serikat. Bloomberg/Jeenah Moon
Apple Store di New York, Amerika Serikat. Bloomberg/Jeenah Moon
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, menawarkan uang sebesar Rp15 miliar bagi siapapun yang dapat meretas PCC sistem kecerdasan buatan perusahaan, Apple Intelligence.

Private Cloud Compute atau PCC merupakan sebuah sistem komputasi awan yang dirancang khusus oleh Apple untuk menjalankan proses AI secara pribadi dan aman.

PCC memastikan bahwa data pribadi pengguna yang dikirim ke cloud tidak dapat diakses oleh siapa pun selain pengguna itu sendiri, termasuk Apple. Ini berarti privasi pengguna tetap terjaga bahkan saat menggunakan fitur AI yang canggih.

Adapun tawaran uang ini bertujuan untuk menemukan kerentanan pada sistem PCC Apple Intelligence, dengan harapan perusahaan dapat membuat sistem yang lebih tangguh. 

Apple menawarkan pembayaran mulai dari US$50.000 hingga US$1.000.000 untuk kerentanan yang ditemukan di beberapa kategori berbeda. Besaran nilai tergantung pada komponen yang berhasil dijebol. 

“Apple juga akan mengevaluasi setiap masalah keamanan untuk mendapatkan hadiah potensial yang "berdampak signifikan pada PCC,” tulis Apple dikutip dari The Verge, Jumat (25/10/2024).

Diketahui, Apple mengeluarkan banyak fitur AI (yang diberi merek Apple Intelligence) yang akan berjalan di perangkat tanpa harus meninggalkan Mac, iPhone, atau perangkat keras Apple lainnya.

Namun, untuk permintaan yang lebih sulit, perusahaan akan mengirimkannya ke server PCC yang dibuat menggunakan Apple Silicon dan sistem operasi baru.

Apple selama bertahun-tahun berkampanye tentang seberapa besar perhatiannya terhadap privasi pengguna, sehingga server cloud yang dirancang dengan buruk untuk AI dapat merusak citra tersebut. 

Untuk mencegahnya, Apple merancang PCC dengan jaminan keamanan dan privasi. Peneliti keamanan dapat memverifikasi jaminan tersebut secara independen.

Bagi para peneliti, Apple menawarkan uang bagi mereka yang bisa menguraikan rincian teknis PCC. Apple juga menawarkan Lingkungan Penelitian Virtual yang memungkinkan Anda melakukan analisis keamanan PCC di Mac, dan menguji kode sumber di GitHub untuk “beberapa komponen utama PCC yang membantu menerapkan persyaratan keamanan dan privasi”. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper