Apple Luncurkan iPad Mini 2024, Hadir dengan AI Harga Rp7 Jutaan

Lukman Nur Hakim
Rabu, 16 Oktober 2024 | 12:51 WIB
Logo Apple Inc. di Fifth Avenue di New York, Amerika Serikat. Bloomberg/Jeenah Moon
Logo Apple Inc. di Fifth Avenue di New York, Amerika Serikat. Bloomberg/Jeenah Moon
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple kembali meluncurkan iPad mini generasi baru yang dilengkapi dengan fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Melansir dari Reuters, iPad Mini ini mulai diluncurkan pada hari Selasa (14/10/2024) waktu setempat. Selain AI, iPad Mini ini juga dilengkapi dengan alat tulis dan asisten Siri yang sudah ditingkatkan.

iPad Mini baru ini didukung oleh chip A17 Pro Apple, yang digunakan dalam model iPhone 15 Pro dan Pro Max. Dengan unit pemrosesan pusat enam inti, A17 Pro akan meningkatkan kinerja CPU hingga 30% dibandingkan dengan iPad mini generasi sebelumnya.

Apple mengatakan akan meluncurkan rangkaian fitur AI pertama dalam versi bahasa Inggris AS bulan ini melalui pembaruan perangkat lunak dengan iPadOS 18.1. Fitur-fitur tersebut akan tersedia untuk iPad dengan chip A17 Pro atau M1 dan generasi selanjutnya.

Tak hanya itu, Apple juga akan meluncurkan fitur-fitur tambahan termasuk alat pembuatan gambar, Genmoji, dan kemampuan yang didukung ChatGPT selama beberapa bulan ke depan.

iPad mini memiliki layar 8,3-nci dan mendukung Apple Pencil Pro terbaru yang diperkenalkan saat meluncurkan seri iPad Pro pada awal tahun ini.

Tablet terbaru Apple ini akan tersedia secara pre-order pada Selasa pekan depan dengan harga mulai dari US$499 atau Rp7,7 juta (kurs Rp15.552).

Adapun, Apple pada bulan September meluncurkan jajaran iPhone 16 yang telah didukung teknologi AI. Namun, fitur AI tersebut masih dalam mode uji coba, yang membuat perusahaan gagal menarik minat beberapa investor.

Namun, firma riset Canalys pada hari Senin mengatakan iPhone 16 akan membantu penjualan Apple pada kuartal keempat dan mendorong momentum hingga paruh pertama tahun 2025, setelah Apple mencapai rekor pengiriman tertinggi pada kuartal ketiga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lukman Nur Hakim
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper