Duh, Elon Musk Mengizinkan Akun Terblokir untuk Melihat Postingan Anda di X

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 24 September 2024 | 09:40 WIB
Elon Musk/twitter
Elon Musk/twitter
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - X.com, platform sosial media milik Elon Musk, bakal mengizinkan orang yang sudah Anda blokir untuk melihat postingan Anda. Pemblokiran tidak serta merta membuat Anda terbebas dari pantauan orang yang Anda sebal dan blokir. 

Elon Musk dalam postingannya, Selasa (24/9/2024), menulis bahwa fungsi blokir hanya membatasi sebuah akun untuk terlibat - seperti memberi like dan komentar - dalam postingan publik. Artinya, mereka tetap dapat memberi komentar atas postingan Anda, tetapi bisa melihat dan membaca postingan. 

“Fungsi blokir akan memblokir akun tersebut agar tidak terlibat dengan kiriman publik, tetapi tidak memblokir untuk melihat kiriman publik,” tulis Elon Musk.

Sementara itu The Verge melaporkan bahwa sumber anonim di X mengatakan X.com membuat perubahan ini karena orang-orang kini dapat melihat unggahan dari pengguna yang telah memblokir mereka saat menggunakan akun lain atau saat keluar. 

Elon Musk sejak lama memang tidak suka terhadap tombol blokir. Tahun lalu, Dia mengatakan fitur tersebut "tidak masuk akal". 

Dia mau fitur itu harus dihentikan dan menghadirkan bentuk mute yang lebih kuat.

Dia juga mengancam akan menghentikan pengguna memblokir orang di platform tersebut sepenuhnya, kecuali untuk pesan langsung.
Meskipun tombol blokir X akan terus mencegah seseorang berinteraksi dengan kiriman seseorang, mereka tetap dapat melihatnya, yang berpotensi memudahkan pelaku jahat untuk terus melecehkan korbannya.

Sebelumnya, Elon Musk merasa sedih karena harus menutup X di Brazil. Media sosial X terkena masalah hukum dengan hakim terkemuka Brasil mengenai hak dan tanggung jawab platform tersebut untuk melawan disinformasi.

Platform tersebut, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, mengatakan penutupan tersebut “segera berlaku” tetapi pengguna di Brazil masih memiliki akses ke X.

“Kami sangat sedih karena kami terpaksa mengambil keputusan ini,” kata perusahaan tersebut dilansir dari Al Jazeera.

Mereka menegaskan tanggung jawab atas keputusan tersebut “sepenuhnya” berada di tangan Hakim Mahkamah Agung Brasil Alexandre de Moraes.

Langkah ini merupakan puncak dari pertarungan hukum yang terus berlanjut antara Moraes, yang mengatakan ia berusaha melawan penyebaran disinformasi online, dan Elon Musk, miliarder pemilik X.

Awal tahun ini, Moraes memerintahkan X untuk memblokir akun-akun tertentu yang dituduh menyebarkan berita palsu dan pesan kebencian, termasuk beberapa akun milik pendukung mantan Presiden sayap kanan Brasil Jair Bolsonaro.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper