Usman Kansong Ungkap Alasan Mundur dari Dirjen IKP Kemenkominfo

Rika Anggraeni
Kamis, 15 Agustus 2024 | 05:45 WIB
Usman Kansong memberi keterangan pers terakhir bersama dengan awak media/Bisnis.com - Rika Anggraeni
Usman Kansong memberi keterangan pers terakhir bersama dengan awak media/Bisnis.com - Rika Anggraeni
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Usman Kansong mengundurkan diri dari jabatan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Sebelumnya, Semuel Abrijani Pangerapan yang lebih dulu mengundurkan diri pada 4 Juli 2024.

Usman menuturkan bahwa dirinya dilantik sebagai Dirjen IKP Kemenkominfo pada 10 Agustus 2021. Artinya, Usman telah mengemban tugas selama 3 tahun 4 hari sebagai komunikasi publik di Kemenkominfo.

“3 tahun 4 hari, 3 tahun tentu terlalu singkat untuk sebuah pengabdian kepada Indonesia, karena pengabdian kepada bangsa dan negara haruslah seumur hidup, tetapi mengabdi dan mencintai Indonesia bisa dari mana saja. Oleh karena itu, saya mengundurkan diri dari posisi Dirjen IKP Kominfo per 13 Agustus,” kata Usman dalam acara Ngopi Bareng di Gedung Kemenkominfo, Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Usman menuturkan bahwa perlu adanya penyegaran di dalam organisasi agar lebih lincah lagi. Usman menyatakan bahwa dirinya sudah membicarakan dengan Sekjen, Wamenkominfo Nezar Patria, dan Menkominfo Budi Arie Setiadi.

Per Selasa (13/8/2024), Usman mengaku sudah menyerahkan surat pengunduran diri kepada Menkominfo. Dia pun mengaku bahwa Menkominfo sudah menyetujui keputusan pengunduran diri.

Usman berharap agar segera ada yang mengisi kekosongan di posisi Dirjen IKP, sebab masih ada sederet pekerjaan yang menanti.

Pria kelahiran 1970 itu berterima kasih kepada Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Plate, Mahfud MD, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Wamenkominfo Nezar Patria, dan pendahulunya.

“Terima kasih atas bimbingan dan arahannya,” ujarnya.

Pasca mengumumkan undur diri, Usman juga menyampaikan bahwa dirinya akan kembali ke karier awalnya sebagai seorang jurnalis.

“Setelah ini, saya akan kembali ke jalan jurnalis tempat saya dilahirkan dan tentu dunia kepenulisan, saya sedang menunggu penerbitan buku saya,“ jelasnya.

Profil Usman Kansong

Mengutip biografi yang tersaji di laman Kemenkominfo, Rabu (14/8/2024), Usman Kansong merupakan lulusan Ilmu Komunikasi FISIP USU, Medan, Sumatra Utara pada 1994. Dia melanjutkan studinya dengan menempuh Program Pascasarjana Sosiologi Universitas Indonesia 2005.

Sebelum berlabuh di Kemenkominfo, Usman Kansong pernah bekerja di Harian Republika (1995–2000). Sejak 2000, dia bekerja di Metro TV (2000–2009) dengan jabatan terakhir News Current Affairs Manager. Lalu, sejak 2009–2020 bekerja di Harian Media Indonesia, dengan posisi terakhir direktur pemberitaan.

Usman juga tercatat sebagai board Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (Sejuk) dan pernah menyabet beasiswa Chavening di London dan Skotlandia pada 2003. Usman juga pernah mendapat fellowship dari East-West Center, Honolulu, Amerika Serikat (AS).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper