Telkomsel Siapkan 55 BTS 4G dan 5G di IKN, Trafik Melonjak 650%

Rahmad Fauzan
Rabu, 14 Agustus 2024 | 18:34 WIB
Telkomsel memastikan seluruh kesiapan infrastruktur terdepan guna mendukung kenyamanan aktivitas komunikasi dan pengalaman digital di IKN, serta mendukung gelaran HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara
Telkomsel memastikan seluruh kesiapan infrastruktur terdepan guna mendukung kenyamanan aktivitas komunikasi dan pengalaman digital di IKN, serta mendukung gelaran HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) menyiapkan 55 Base Transceiver Station (BTS) teknologi mutakhir 5G dan 4G di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Termasuk, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dan wilayah pendukung lainnya. 

Dengan kehadiran infrastruktur terdepan tersebut, Telkomsel mencatatkan lonjakan trafik data hingga 650% dengan total payload per harinya rerata mencapai 37.4 Terabyte.

Peningkatan trafik ini dipicu oleh makin tingginya aktivitas digital dari para pekerja, masyarakat, dan pengunjung yang beraktivitas di IKN.

Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna mengatakan optimalisasi jaringan broadband yang dilakukan perusahaan menjamin kenyamanan akses komunikasi serta mendukung transformasi digital di berbagai sektor di IKN yang ditargetkan memiliki kapabilitas smart city. 

"Langkah ini selaras dengan visi dan misi Telkomsel menghadirkan layanan terdepan yang memberdayakan masyarakat, mendukung pemerintah dalam pemerataan pembangunan dan penyediaan infrastruktur sebagai penggerak ekonomi RI secara berkelanjutan," kata Indra via siaran pers, Rabu (14/8/2024).

Lebih dari itu, sambungnya, Telkomsel memastikan konektivitas bagi para pelanggan yang akan memasuki wilayah IKN dengan mengoptimalkan jaringan di dua kota penyangga, yakni Balikpapan dan Samarinda.

Upaya tersebut mencakup 10 area khusus, seperti bandara, pusat perbelanjaan, penginapan, dan jalan utama yang menghubungkan kedua kota dengan IKN.

Untuk mendukung kelancaran komunikasi dan memberikan pengalaman digital yang optimal, perusahaan menyiapkan sejumlah produk dan layanan digital dengan menghadirkan pusat layanan pelanggan di area kedatangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan dan GraPARI Nusantara yang terletak di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) IKN.

Titik layanan pelanggan tersebut menyediakan berbagai layanan mulai dari pembelian paket data, pembelian voucher fisik, isi ulang pulsa, pembelian SIM card prabayar dan eSIM, penggantian kartu hilang atau rusak, upgrade kartu uSIM 4G/LTE.

Kemudian, pendaftaran baru pelanggan Telkomsel Halo (pascabayar), pembelian modem Orbit dan layanan IndiHome, penukaran Telkomsel Poin, aktivasi jaringan 5G, hingga kebutuhan produk dan layanan Telkomsel lainnya yang dirancang untuk memberikan kemudahan akses bagi seluruh pelanggan dalam memenuhi beragam kebutuhan komunikasinya.

"Semua inisiatif, mulai dari kesiapan jaringan broadband terdepan hingga berbagai produk dan layanan inovatif, kami berharap dapat memberikan pengalaman komunikasi yang lancar dan efisien dalam memenuhi kebutuhan digital seluruh pelanggan di IKN, sekaligus menunjukkan kesiapan IKN sebagai pusat pemerintahan masa depan untuk mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju," kata Indra.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper