Cakupan 4G dan 5G Indosat (ISAT) Selimuti Hampir 100% Populasi di IKN

Rika Anggraeni
Selasa, 6 Agustus 2024 | 22:16 WIB
Logo Indosat Ooredoo Hutchison/Dok. Indosat
Logo Indosat Ooredoo Hutchison/Dok. Indosat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Indosat Tbk. (ISAT) memastikan infrastruktur jaringan 4G dan 5G telah tersedia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan cakupan mencapai 90% populasi.

SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang mengatakan bahwa hampir 100% populasi di wilayah IKN sudah terjangkau jaringan 4G dan 5G ISAT.

“IKN sudah di-cover jaringan Indosat. Untuk 90% populasi IKN sudah di-cover, berarti daerah aktif penduduk utamanya itu yang akan perputaran masyarakat, termasuk kota penyangga itu sudah ter-cover 100% dari wilayah Samarinda ke Balikpapan ke IKN,” ujar Steve saat ditemui di Gedung Indosat Ooredoo Hutchison, Jakarta, Selasa (6/8/2024).

Steve menyampaikan bahwa pengguna ISAT sudah dapat menikmati jaringan 5G Indosat di dalam IKN. Sayangnya, Steve enggan mengungkap secara detail terkait titik jaringan yang sudah dijangkau ISAT.

“Karena ini masih dalam development yang pasti sudah di-cover 90% populasi [IKN],” jelasnya.

Hingga Juli 2024, Indosat telah meningkatkan kapasitas trafik 4G hingga 84% dan kapasitas pengguna 4G sebesar 44% yang didukung penguatan perangkat lunak (software) termutakhir melalui teknologi kecerdasan buatan (AI). Hal ini memungkinkan Indosat mengantisipasi lonjakan pengguna dan mengoptimalkan kapasitas antara BTS.

Sebelumnya, Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison Muhammad Danny Buldansyah mengatakan bahwa emiten bersandi saham ISAT itu berkomitmen untuk bekerjasama, berkolaborasi, dan berkoordinasi dengan otoritas IKN untuk menyediakan jaringan dan layanan di IKN.

“Sudah pastinya kami berinvestasi, backbone, BTS, dan lain-lain untuk melayani semua dan yang terpenting adalah semangatnya sangat baik, yaitu semangat gotong royong, kami bekerja sama dan berkoordinasi dengan otoritas IKN untuk mencapai hal itu,” kata Danny dalam Paparan Kinerja Indosat Semester I/2024, belum lama ini.

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memastikan bahwa jaringan internet di kawasan IKN sudah terhubung dengan jaringan 5G.

Budi menyampaikan bahwa keberadaan BTS yang dibangun di IKN tidak seperti BTS pada umumnya. Budi mengklaim, terdapat 19 BTS kamuflase yang terpasang di IKN.

“Jaringan telekomunikasi sudah mantap, jadi ada 19 BTS di kawasan IKN itu pakai yang namanya BTS kamuflase, jadi bukan kayak BTS, bukan kayak BTS yang kita lihat seperti biasanya, bukan polos, jadi enggak kelihatan kayak BTS. Pokoknya top kencang larinya [internet di IKN],“ ujar Budi saat ditemui di Gedung Kemenkominfo, Kamis (1/8/2024).

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper