Makassar Berencana Gunakan Starlink untuk Operasional CCTV

Nugroho Nafika Kassa
Rabu, 19 Juni 2024 | 03:00 WIB
Ilustrasi Starlink
Ilustrasi Starlink
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) berencana memanfaatkan layanan Starlink untuk keperluan jaringan internet di lingkup pemerintahan, salah satunya CCTV

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengungkapkan layanan internat berbasis satelit orbit rendah ini akan mulai diadakan dan diuji coba di Makassar pada tahun ini.

Penerapan pertama kali diperuntukkan untuk mendukung beroperasinya CCTV kota, terutama yang ada di lorong-lorong kota. 

Beberapa CCTV di Kota Makassar, katanya, selama ini menggunakan jaringan internet berbasis wifi. Namun seringnya terjadi gangguan pada jaringan itu membuat kamera pengawas tersebut terkadang berhenti beroperasi sementara waktu.

Maka dari itu penggunaan Starlink dianggap bisa membuat operasional CCTV menjadi lebih maksimal, utamanya dalam mengawasi berbagai kegiatan masyarakat. Dia berharap tindak kejahatan bisa lebih ditekan serta pengawasan terhadap anak-anak juga bisa makin ketat.

"Saya usahakan tahun ini pengadaan Starlink. Layanan itu kan lebih luas jangkauannya dan bisa membuat internet lebih stabil. Apalagi kecepatannya juga luar biasa. Saya pikir pemerintah kota nantinya pakai layanan itu saja," ungkapnya kepada wartawan, Selasa (18/6/2024).

Selain mengutamakan stabilisasi pengoperasian CCTV, dia menuturkan penggunaan Starlink juga dianggap bisa lebih murah. Pemkot Makassar berencana menggunakan jaringan ini ke seluruh layanan kota secara bertahap.

"Starlink ini lebih baru teknologinya, saya rasa juga akan lebih murah penggunaannya untuk layanan-layanan kita. Artinya pemerintah kota ke depan bisa lebih hemat anggaran," paparnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper