WhatsApp Kembangkan Fitur Video Call, Tampung 32 Peserta Saingi Zoom

Redaksi
Jumat, 14 Juni 2024 | 10:00 WIB
Logo aplikasi pesan instans whatsapp
Logo aplikasi pesan instans whatsapp
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - WhatsApp, aplikasi pesan instan milik Meta, meluncurkan serangkaian pembaruan yang membuat fitur panggilan videonya makin canggih. Salah satunya adalah kapasitas peserta panggilan video (video call) yang bisa mencapai 32 peserta, ingin menyaingi Zoom.

WhatsApp memperkenalkan fitur berbagi layar atau share screen, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi tampilan layar perangkat mereka selama panggilan video.

Fitur ini sangat berguna untuk presentasi bisnis, kolaborasi tim, atau bahkan membantu anggota keluarga atau teman dalam menyelesaikan masalah teknis pada perangkat mereka

Pembaruan ini merupakan upaya WhatsApp untuk bersaing di pasar komunikasi video yang semakin ramai, terutama dalam era di mana bekerja dan belajar dari rumah menjadi norma baru.

"Sejak kami menghadirkan Calling ke WhatsApp pada 2015, kami terus menyempurnakannya dengan memperkenalkan panggilan grup, panggilan video, dan dukungan multi-platform," tulis WhatsApp dalam blog resminya Jumat (14/6/2024).

Salah satu fitur baru lainnya adalah kemampuan untuk melakukan panggilan video dengan hingga 32 peserta di Windows dan Mac. Sebelumnya, batas maksimum untuk Windows adalah 16 peserta, sementara Mac hanya sampai 8 peserta. 

Penambahan ini membuat WhatsApp lebih kompetitif dengan Zoom, yang dikenal dengan kapasitas panggilan video grup yang besar.

Pembaruan lainnya adalah mode tampilan galeri, yang memungkinkan pengguna melihat lebih banyak peserta dalam satu layar, mirip dengan tampilan galeri yang ada di Zoom. 

Ini membuat interaksi dalam panggilan video menjadi lebih dinamis dan memungkinkan pengguna untuk lebih mudah mengikuti siapa yang berbicara atau bereaksi.

WhatsApp juga meningkatkan kualitas video dan audio dalam panggilan video. Panggilan yang dilakukan pada perangkat seluler mendapat peningkatan peredam bising dan gema. Hal ini membuat pengguna bisa melakukan panggilan di lingkungan yang bising. 

WhatsApp meluncurkan codec MLow untuk meningkatkan keandalan panggilan. Codec yang ada saat ini, seperti Opus, sering kesulitan mempertahankan kualitas audio pada bitrate rendah sehingga mengakibatkan suara yang tidak jelas dan terdengar tidak alami. 

Codec berbasis AI yang lebih baru memang menawarkan kualitas yang lebih baik, namun membutuhkan sumber daya komputasi yang besar dan tidak efisien bagi banyak pengguna. 

MLow dirancang agar efisien secara komputasi sambil tetap menghasilkan audio berkualitas tinggi meskipun pada bitrate rendah.

Panggilan video juga memiliki resolusi lebih tinggi untuk panggilan dengan koneksi lebih cepat.

Dengan fitur-fitur baru yang semakin mirip dengan Zoom, WhatsApp tidak hanya memperkuat posisinya sebagai aplikasi pesan instan terkemuka, tetapi juga sebagai platform komunikasi video yang handal. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper