Utilisasi Data Center Telkom (TLKM) Cikarang Tembus 50%, Siap Tambah Kampus Baru

Leo Dwi Jatmiko
Sabtu, 8 Juni 2024 | 14:09 WIB
Gedung Telkom Indonesia di pusat Kota Jakarta/Dok. Telkom
Gedung Telkom Indonesia di pusat Kota Jakarta/Dok. Telkom
Bagikan

Bisnis.com, SINGAPURA - Telkom Data Ekosistem (TDE) atau NeutraDC, anak usaha Telkom Indonesia yang bergerak di bidang data center, berencana menambah kapasitas pangkalan data di Cikarang, setelah pusat data yang ada saat ini telah terisi lebih dari 50%. 

CEO of NeutraDC Andreuw Th A F mengatakan Cikarang merupakan salah satu wilayah potensial bagi bisnis data center. Perusahaan di wilayah industri tersebut membutuhkan dukungan penyimpanan data untuk menjalankan operasinya. 

Andreuw mengatakan saat ini pusat data Telkom yang berada di Cikarang terus mendapat permintaan dengan tingkat utilisasi mencapai lebih dari 50%. Dalam waktu dekat, perusahaan data center dengan merek NeutraDC itu berencana menambah kapasitas data center di wilayah tersebut.

“Sekarang saja kamu sudah terutilisasi di atas 50%. Jadi mungkin kami tunggu 10% lagi ketika sudah terisi [ditambah]. Saat ini di Cikarang kami siap dengan 22 megawatt. Jadi seandainya nanti mau nambah lagi mungkin bisa lebih dari dua kali lipat,” kata Andreuw kepada Bisnis, Jumat (7/6/2024). 

Sekadar informasi, dalam mengembangkan bisnis data center Telkom berfokus pada tiga aspek yakni seamless, connectivity, dan eyeball. Proses seamless atau halus dapat terjadi karena data center Telkom terhubung dengan seluruh data center milik TelkomGroup termasuk juga ke edge data center. 

Data center Telkom juga terhubung dengan konektivitas Telkom Group, yang membuat proses peralihan data menjadi cepat. Telkom juga berfokus pada akses kepada pelanggan Telkom Group (eyeball) yang merupakan pengguna bisnis digital. 

Andreuw mengatakan meski pemain data center melimpah di Cikarang, perusahaan melihat masih banyak peluang. Telkom juga mengaku senang dengan hadirnya pemain data center di Cikarang. 

"Kami bukan hanya pemain data center, kami adalah pemain data center ekosistem karena kami memiliki ekosistem memiliki serat optik dan infrastruktur lainnya,” kata Andreuw. 

Sebelumnya, Direktur Group Business Development Telkom, Honesti Basyir mengatakan perusahaan optimistis dapat memperoleh hasil yang optimal dari bisnis data center pada tahun ini, seiring dengan penambahan penyewa baru dan peningkatan kapasitas yang dilakukan perusahaan.

“Insya allah bisa tercapai karena ada penambahan kapasitas dan tenant-tenant,” kata Honesti di NeutraDC Singapura, Jumat (7/6/2024). 

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper