Keunggulan Chip M4 yang akan Disematkan Apple untuk iPad Pro Generasi Baru

Restu Wahyuning Asih
Rabu, 8 Mei 2024 | 10:35 WIB
Apple rilis chip M4 untuk disematkan dalam iPad Pro terbaru mereka/Apple
Apple rilis chip M4 untuk disematkan dalam iPad Pro terbaru mereka/Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple hari ini mengumumkan M4, chip terbaru yang menghadirkan kinerja fenomenal pada iPad Pro baru.

Dibangun menggunakan teknologi 3 nanometer generasi kedua, M4 adalah system on a chip (SoC) yang meningkatkan efisiensi daya silikon Apple yang terdepan di industri dan memungkinkan desain iPad Pro yang sangat tipis.

Chip tersebut juga dilengkapi mesin layar yang benar-benar baru untuk menghasilkan presisi, warna, dan kecerahan menakjubkan dari terobosan layar Ultra Retina XDR di iPad Pro.

M4 memiliki Mesin Neural tercepat milik Apple, yang mampu melakukan hingga 38 triliun operasi per detik, yang lebih cepat dibandingkan unit pemrosesan saraf PC AI mana pun saat ini.

Dikombinasikan dengan bandwidth memori yang lebih cepat, bersama dengan akselerator pembelajaran mesin (ML) generasi berikutnya di CPU, dan GPU berperforma tinggi, M4 menjadikan iPad Pro baru sebagai perangkat yang sangat kuat untuk kecerdasan buatan.

“iPad Pro baru dengan M4 adalah contoh bagus tentang bagaimana pembuatan silikon khusus terbaik di kelasnya memungkinkan produk-produk terobosan,” kata Johny Srouji, wakil presiden senior Teknologi Perangkat Keras Apple, dikutip dari situs resmi apple.com.

M4 memiliki kinerja hemat daya, yang dibalut dengan desain tipis dan tampilan inovatif dalam iPad Pro.

"Sementara peningkatan mendasar pada CPU, GPU, Neural Engine, dan sistem memori menjadikan M4 sangat cocok untuk digunakan. untuk aplikasi terbaru yang memanfaatkan AI. Secara keseluruhan, chip baru ini menjadikan iPad Pro perangkat paling kuat di jenisnya,” lanjutnya.

Selain tiu, GPU 10-core baru dari M4 dibangun berdasarkan arsitektur grafis generasi berikutnya dari keluarga chip M3.

Hal ini juga menampilkan Dynamic Caching, sebuah inovasi Apple yang mengalokasikan memori lokal secara dinamis di perangkat keras dan secara real-time untuk secara dramatis meningkatkan pemanfaatan rata-rata GPU.

Hal ini secara signifikan meningkatkan kinerja untuk aplikasi dan game pro yang paling menuntut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper