Apple Cs Full Senyum, Pengiriman Tablet Akhirnya Tumbuh Setelah 2 Tahun Jeblok

Rahmad Fauzan
Selasa, 7 Mei 2024 | 14:23 WIB
Apple iPad 9 (2021) dan Xiaomi Pad 5/GSM Arena
Apple iPad 9 (2021) dan Xiaomi Pad 5/GSM Arena
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah 2 tahun jeblok, pasar komputer tablet mulai menunjukkan geliatnya. International Data Corporation (IDC) melaporkan pengapalan (shipment) perangkat-perangkat andalan Apple, Samsung, Oppo, dan Huawei tumbuh moderat 0,5% yoy pada kuartal I/2024.

Berdasarkan catatan IDC, penjualan gawai model tablet terakhir kali mengalami pertumbuhan pada kuartal II/2021.

Mengutip Phone Arena, pertumbuhan pada kuartal pertama tahun ini merupakan katalis positif bagi industri meskipun diperkirakan tidak serta merta mengembalikan penjualan tablet ke level tertingginya.

Sebab, pertumbuhan moderat dari sisi pengapalan menyiratkan indikasi peningkatan minat konsumen terhadap perangkat tablet di segmen high-end alias premium berkat fitur-fitur yang dimiliki.

Untuk kuartal pertama tahun ini, Apple masih menguasai pasar dengan jumlah tablet yang dikapalkan sebanyak 9,9 juta unit, atau setara dengan 49,2% dari total pangsa pasar global.

Di urutan kedua menyusul pabrikan Korea Selatan, Samsung, yang berhasil mengapalkan 6,7 juta tablet atau setara dengan 16,8% dari total pangsa pasar. Di belakangnya, mengekor produk China, Huawei dengan 2,9 juta unit dikapalkan.

Kendati masih menguasai pasar, Apple ternyata sudah siap siaga untuk menjaga gap persaingan di pasar tablet global. Terutama dengan Samsung sebagai kompetitor terdekatnya.

Apple mulai menyiapkan terobosan melalui peluncuran tablet anyar pada awal Mei tahun ini demi mendongkrak penjualan yang anjlok cukup dalam pada kuartal I/2024.

Penjualan tablet merek Apple turun 8,5% year over year pada periode tersebut setelah pabrikan tidak meluncurkan produk baru dalam kurun 18 bulan terakhir.

Senasib itu, penjualan tablet Samsung sang kompetitor turun 5,8% year over year.

Pasar Tablet sendiri saat ini dibanjiri dengan produk yang lebih terjangkau. Tablet tidak lagi seperti dahulu yang hanya dimiliki oleh segelintir orang. Harga tablet bahkan bisa disebut lebih murah dari smartphone untuk beberapa model.

Pada Januari 2024, Oppo mengeluarkan Pad Neo, yang desain dan spesifikasinya mirip dengan OnePlus Pad Go.

Tablet baru Oppo ini memiliki keunggulan di bidang chipset dan baterai yang cocok dijadikan referensi untuk gadget kerja.

Oppo Pad Neo dilengkapi dengan layar LCD berdiagonal 10,35 inci. Layarnya mendukung resolusi 2,408 x 1,720 piksel (2K), refresh rate 90 Hz, touch sampling rate 180 Hz, tingkat kecerahan 400 nits, dan diklaim memiliki gamut warna 96 persen NTSC.

Untuk harganya, tablet Oppo Pad Neo memiliki harga 1.399 ringgit atau sekitar Rp4,7 juta untuk opsi penyimoanan 8/128 GB dengan warna Space Grey.

Tidak mau kalah, Samsung juga memperkenalkan Galaxy Tab A9 dan Galaxy Tab A9+ terbaru yang dapat mendukung aktivitas hiburan dan produktivitas bagi semua orang melalui tampilan yang dinamis dan multitasking.

Samsung Galaxy Tab A9 dan Galaxy Tab A9+ hadir dalam dua ukuran, jajaran perangkat ini memadukan gambar dan suara yang jelas dengan konektivitas yang sangat cepat, mendukung kebutuhan hiburan dan produktivitas sehari-hari dalam satu paket portabel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper