Pengguna Apple Ramai Mengeluh, Akun Tiba-tiba Keluar dan Minta Kata Sandi Baru

Redaksi
Senin, 29 April 2024 | 12:30 WIB
Siluet karyawan yang menggunakan masker di depan logo Apple Inc. yang ditutup sementara karena corona virus di Ginza Tokyo, Jepang, Minggu (15/3/2020). Bloomberg/ Toru Hanai
Siluet karyawan yang menggunakan masker di depan logo Apple Inc. yang ditutup sementara karena corona virus di Ginza Tokyo, Jepang, Minggu (15/3/2020). Bloomberg/ Toru Hanai
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak laporan dari pengguna Apple bahwa akun Apple ID mereka secara tiba-tiba log out atau keluar dan membutuhkan ganti password saat mencoba masuk lagi. 

Dilansir dari The Verge (29/4/2024), masalah ini terjadi pada Jumat, 26 April 2024. Meskipun halaman status sistem Apple tidak melaporkan adanya masalah, namun hal ini telah merebak di sosial media yang menandai bahwa masalah itu cukup serius dan dialami banyak pengguna.

9to5Mac juga melaporkan bahwa beberapa anggota stafnya terkena dampak dari masalah ini. Satu pengguna dari Mastodon telah berusaha untuk menghubungi Apple terkait masalah ini, namun jawaban yang dia dapat hanya "terkadang peningkatan keamanan acak ditambahkan ke akun Anda," tanpa diberikan rincian lebih lanjut tentang masalah tersebut.

Penasihat keamanan siber global di ESET, Jake Moore menduga bahwa itu adalah bug asli karena sudah banyak yang terlibat. 

“Meskipun menyusahkan, sebenarnya ada baiknya untuk mengatur ulang semua perangkat yang terhubung dan mengubah kata sandi sesering mungkin atau ketika terjadi pelanggaran data," ujarnya.

Hal ini telah menyebabkan masalah tambahan pada akun Apple ID pengguna yang mengaktifkan fitur Stolen Device Protection dan sedang berada di luar lokasi terpercaya, mereka menjadi tidak bisa mengakses akun mereka sampai mereka tiba di rumah. 

Stolen Device Protection adalah fitur keamanan baru dari Apple untuk melindungi akun iCloud pemilik iPhone jika ponsel mereka dicuri. 

Seorang Pengembang Mac, Michael Tsai, memposting di blognya tentang bagaimana dia menangani masalah tersebut. Dia menyatakan bahwa dia harus menunggu satu jam untuk mengatur ulangnya karena adanya Stolen Device Protection, 

Ternyata, fitur tersebut hanya mencantumkan sebuah toko kelontong yang Tsai kunjungi setiap beberapa minggu sebagai satu-satunya lokasi yang tidak dapat dikonfigurasi di mana penundaan satu jam untuk mengatur ulang kata sandi tidak akan diberlakukan. 

Masalah lainnya juga muncul jika anda mengatur ulang kata sandi Apple ID, semua kata sandi khusus aplikasi yang sebelumnya Anda atur melalui iCloud juga akan diatur ulang.

Saat ini, disarankan pengguna Apple untuk tetap waspada dan menghindari mengklik pada pemberitahuan pengaturan ulang kata sandi yang mencurigakan. 

Jika Anda menerima sejumlah permintaan pengaturan ulang kata sandi yang tidak Anda inisiasi, penting untuk memilih opsi "Don't Allow" pada pemberitahuan dan tidak memberikan informasi apa pun kepada penelepon yang mengklaim berasal dari dukungan Apple. 

Selain itu, pengguna juga diimbau untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor pada akun Apple ID mereka. Ini bertujuan untuk menambah lapisan keamanan tambahan dan mencegah akses yang tidak sah. (Muhammad DIva Farel Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper