SpaceX Starship Hancur Saat Uji Terbang Ketiga, Ini Kronologinya

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 15 Maret 2024 | 05:50 WIB
Starship milik SpaceX meluncur ke ruang angkasa pada uji coba ketiga/dok. Twitter SpaceX
Starship milik SpaceX meluncur ke ruang angkasa pada uji coba ketiga/dok. Twitter SpaceX
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Roket Starship SpaceX, yang dirancang untuk mengirim astronot ke bulan, hampir menyelesaikan seluruh uji terbang ketiganya pada Kamis (15/3/2024). Roket milik Elon Musk meluncur lebih cepat dari sebelumnya, dan hancur saat kembali ke Bumi.

Dilansir dari reuters, selama siaran web penerbangan tersebut, komentator SpaceX mengatakan kendali misi kehilangan komunikasi dengan Starship dari dua sistem satelit secara bersamaan saat pesawat ruang angkasa itu memasuki kembali atmosfer planet dengan kecepatan hipersonik.

Sementara itu New Scientist melaporkan kronologi kecelakaan pesawat tersebut. Setelah lepas landas dari lokasi SpaceX di Boca Chica, Texas, roket tersebut menjalankan misinya dengan rapih. Pendorong tahap pertama dan kedua yang mengangkatnya berhasil dipisahkan dan mendarat di laut. 

SpaceX sebenarnya bermaksud untuk menggunakan kembali kedua peluncur tersebut, tetapi dalam penerbangan uji awal ini, keduanya ditakdirkan untuk melakukan penyelaman di laut yang lebih aman dan mudah. 

Pada tahap kedua, Starship mencapai ketinggian sekitar 230 kilometer dan berhasil membuka serta menutup pintu muatannya sebagai uji coba. 

Starship memindahkan bahan bakar dari satu tangki ke tangki lainnya sebagai langkah eksperimental pertama menuju pengisian bahan bakar satu Kapal Luar Angkasa ke Kapal Luar Angkasa lainnya, yang akan sangat penting untuk misi jarak jauh.

Namun saat masuk kembali, pesawat tersebut mencapai suhu yang sangat tinggi, dengan video langsung menunjukkan plasma bercahaya di sekitar permukaannya, dan data video serta telemetri hilang.

Pesawat itu dijadwalkan untuk mencoba menghidupkan kembali mesin Raptornya – yang belum pernah dilakukan di luar angkasa sebelumnya – untuk masuk kembali ke atmosfer bumi secara terkendali dengan kecepatan hampir 27.000 kilometer per jam. Namun pesawat tersebut justru menghilang.

Administrasi Penerbangan Federal AS memberikan izin untuk uji terbang pada 13 Maret, sehari sebelum rencana peluncuran, dan men-tweet bahwa SpaceX telah “memenuhi semua persyaratan keselamatan, lingkungan, kebijakan, dan tanggung jawab keuangan”.

Starship adalah roket paling kuat yang pernah dibuat. Pesawat dengan panjang 121 meter ini terdiri dari dua tahap: booster dan pesawat ruang angkasa, keduanya dirancang agar dapat digunakan kembali untuk menjaga biaya tetap rendah dan memungkinkan perputaran cepat antar penerbangan.

Peluncuran hari ini adalah yang ketiga bagi SpaceX dengan Starship. Tes pertama terjadi pada bulan April 2023, yang meledak sebelum tahap pertama dan kedua dapat terpisah. Kemudian tes kedua, pada bulan November 2023, Starship berhasil mencapai ruang angkasa tetapi hancur dengan sendirinya ketika berhenti mengirimkan data, dengan tahap pertama meledak. tepat setelah perpisahan. Tujuan akhir dari proyek ini adalah untuk menempatkan manusia di bulan dan, kemudian, Mars.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper