Tokopedia Klaim Masyarakat Jabar - Jakarta Antusias Ikut Pelatihan Prakerja

Anitana Widya Puspa
Selasa, 12 Maret 2024 | 15:44 WIB
Tampilan situs resmi Kartu Prakerja www.prakerja.go.id
Tampilan situs resmi Kartu Prakerja www.prakerja.go.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tokopedia, unit bisnis e-commerce PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO), mengeklaim antusiasme masyarkat dalam mengikuti pelatihan kartu prakerja tinggi, khususnya di daerah Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Head of Digital Goods Tokopedia Indra Halimun mengatakan bahwa tahun ini sudah menjadi tahun keempat Tokopedia dipercaya sebagai mitra platform digital resmi yang berperan sebagai penghubung antara penyedia kelas pelatihan dengan masyarakat yang membutuhkan. 

Indra juga menyebut antusiasme masyarakat dalam mengikuti beragam pelatihan Prakerja tetap tinggi tanpa menyebut secara spesifik jumlah peserta Prakerja yang mengambil kelas di Tokopedia.

“Sepanjang 2023, wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sumatra Utara tercatat menjadi beberapa wilayah dengan jumlah tertinggi pengguna yang mengambil kelas Prakerja melalui Tokopedia,” ujarnya kepada Bisnis, dikutip, Selasa (12/3/2024),

Selain itu, pada 2023, Tokopedia bersama berbagai mitra strategis menghadirkan ratusan kelas pelatihan. Jumlah peningkatan akuisisi kelas pelatihan ini meningkat 200% dibandingkan dengan pada 2022. 

Peningkatan tersebut terjadi baik secara daring maupun luring. Kelas pelatihan yang tersedia pun beragam mulai dari pemasaran, desain grafis, investasi dan keuangan hingga pertanian dan perkebunan dengan harga mulai dari Rp900.000 baik secara daring, luring maupun pembelajaran mandiri (dalam bentuk video). 

Menurutnya, masing-masing kelas pelatihan pun memiliki peminatnya tersendiri sesuai dengan preferensi masyarakat. Saat ini untuk mengakomodasi tingginya minat penerima Prakerja mengambil kelas, Tokopedia juga masih berkolaborasi dengan berbagai lembaga pelatihan terpercaya yang dibutuhkan penerima Prakerja.

Seperti diketahui, kartu Prakerja adalah program pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dan meningkatkan produktivitas angkatan kerja. Saat ini, Kartu Prakerja gelombang 64 telah resmi dibuka.

Dalam keterangan di akun Instagram Kartu Prakerja pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 64 telah dibuka sejak Jumat 8 Maret 2024 dan ditutup pada Senin 11 Maret 2024 pukul 23.59.

Perlu diketahui bagi peserta yang lolos seleksi dan mengikuti pelatihan maka akan mendapatkan bantuan dari Kartu Prakerja.

Dilansir dari laman https://www.prakerja.go.id/, apabila lolos menjadi Penerima Kartu Prakerja,  mendapat bantuan pelatihan sebesar Rp3,5 juta sekali menerima. Namun perlu diingat jika saldo bantuan pelatihan ini tidak dapat dicairkan secara tunai.

Sementara untuk total manfaat total yang bisa diperoleh peserta dari program Kartu Prakerja ini mencapai Rp4,2 juta. Rinciannya adalah beasiswa pelatihan sebesar Rp3,5 juta, biaya pengganti transportasi dan internet sebesar Rp600.000, dan pengisian survei evaluasi sebesar Rp100.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper