Windows 12: Fitur Terbaru dan Spesifikasi Minimumnya, Rilis 2024

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 6 Maret 2024 | 11:28 WIB
Bocoran fitur dan spesifikasi minimum untuk sistem operasi Windows 12./Bisnis.com
Bocoran fitur dan spesifikasi minimum untuk sistem operasi Windows 12./Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Microsoft dikabarkan bakal memperkenalkan sistem operasi Windows 12 pada pertengahan 2024. Sistem ini nantinya telah mendapat dukungan AI ke dalam sistem operasinya. 

Dilansir dari laptopmag, Rabu (6/3/2024) banyak yang mengaitkan Windows 12 dengan tampilan smartphone Lumia. Meskipun tidak menampilkan desain “Metro” yang sama seperti pendahulunya, konsep ini berhasil mengemas antarmuka Windows 11 yang sudah dikenal ke dalam bingkai perangkat yang lebih kecil.

Microsoft akan banyak bertaruh di Windows 12 untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna saat menjelajah web dengan harapan dapat menandingi Chrome OS. 

Microsoft menegaskan bahwa Windows 12 khusus web bukanlah pengganti untuk Windows 32-bit tradisional, melainkan sebuah alternatif modern, modular, dan ringan yang ditujukan khusus untuk perangkat pendidikan tingkat dasar. Berikut beberapa hal yang tentang Windows 12. 

Fitur Windows 12

Berikut ini beberapa fakta dan fitur yang dirumorkan ada pada sistem operasi Windows 12, diantaranya:

Windows 12 Sebagai Penerus Windows 11

Sistem operasi (OS) Windows 12 merupakan penerus Windows 11 dengan sejumlah pembaruan dan fitur baru yang lebih baik dari Windows 11. Ketika Anda melakukan update windows, Anda akan merasakan peningkatan dari sisi kecepatan SSD dan optimisasi untuk perangkat, seperti yang Anda rasakan ketika beralih dari windows 10 menjadi windows 11. 

Tampilan Antarmuka Menarik

Bocoran tampilan Windows 12 di Microsoft Ignite Keynote 2023 - YT Kepoin Tekno
Bocoran tampilan Windows 12 di Microsoft Ignite Keynote 2023 - YT Kepoin Tekno

Tampilan antarmuka Windows 12 sempat bocor, di mana saat itu diperlihatkan tampilan yang makin menyerupai desain MacOS. Akan ada taskbar transparan di bagian atas layar yang memuat sejumlah informasi penting seperti ramalan cuaca, Wi-Fi, daya baterai, tanggal, dan jam.

Windows 12 juga dikabarkan memiliki kolom pencarian (search) yang terletak di bagian tengah taskbar. 

Hadirnya AI

Kabar yang beredar juga menyebutkan bahwa Windows 12 akan disamatkan dengan kecerdasan buatan yang natural. Hal ini memungkinkan mengingat Microsoft memiliki kerja sama jangka panjang dengan OpenAI lewat investasinya yang bernilai miliaran dollar AS. 

Tidak menutup kemungkinan, nantinya Windows 12 punya teknologi AI seperti chatbot ChatGPT. 

Spesifikasi Windows 12

Adapun dengan sejumlah keunggulan tersebut, tentu Windows 12 butuh dukungan perangkat dengan spesifikasi tertentu agar sistem ini dapat berjalan dengan baik.  

Layar

Windows 12 ini bisa dijalankan pada tipe layar dengan ukuran 9 inci dengan resolusi HD (720p), yang telah mendukung sistem warna 8-bit. Layanan akan berjalan kurang maksimal jika sistem tidak mendukung warna 8-bit.

GPU

GPU yang disarankan untuk menjalankan sistem ini adalah GPU yang sudah mendukung DirectX 12 atau lebih tinggi setingkat dari WDMM.20. 

Storage

Windows 12 membutuhkan ruang yang besar. Dikabarkan sistem ini butuh ruang perangkat yang memiliki ruang penyimpanan sekitar 64GB. 

RAM

Windows 12 ini RAM yang digunakan paling nggak sekitar 8 GB. Ukuran RAM lebih tinggi bakalan memberikan pemuatan Windows yang lebih lancar nantinya. 

CPU

CPU yang digunakan haruslah bertipe CPU-64bit atau Soc untuk menghindari kegagalan atau kemacetan saat digunakan nanti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper