Alibaba Getol Suntik Startup AI, Giliran MiniMax Raih Rp9,46 Triliun

Redaksi
Selasa, 5 Maret 2024 | 17:13 WIB
Seorang pejalan kaki melewati logo Alibaba di China/ Bloomberg
Seorang pejalan kaki melewati logo Alibaba di China/ Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Alibaba, raksasa teknologi China, dikabarkan bakal memimpin putaran pendanaan atas startup AI MiniMax dengan total nilai investasi US$600 juta atau Rp9,46 triliun. 

Pendanaan ini menambah valuasi MiniMax menjadi di atas US$2,5 miliar. Negosiasi masih berlangsung, Alibaba dan HongShan telah berkomitmen pada pendanaan tersebut.

MiniMax merupakan perusahaan rintisan yang dibangun oleh salah satu mantan karyawawan SenseTime Technology pada 2021. Startup ini telah menjadi garda terdepan dalam penelitian AI berbasis ChatGPT.

Dilansir dari Pandaily, Selasa (7/3/2023) partisipasi Alibaba dalam putaran pendanaan yang baru tidak hanya memperkuat sumber daya keuangan MiniMax tetapi juga kredibilitas industri dan potensi kemajuan terobosan dalam kecerdasan buatan. 

Alibaba memiliki perhatian khusus terhadap startup AI. Belum lama ini, sebuah perusahaan inovatif skala besar, 'Moonshot AI', juga melaporkan menyelesaikan pendanaan sebesar US$1 miliar di mana sebagian besar dana berasal dari Alibaba. 

Pendanaan tersebut menjadikan Alibaba sebagai pemegang saham mayoritas di luar tim Moonshot AI setelah putaran pendanaan ini. Selain itu, sebagian investasi Alibaba dalam transaksi ini terkait dengan pembayaran kekuatan komputasi.

Selain investasi dalam bidang kecerdasan buatan (AI), Alibaba juga berfokus pada diversifikasi lini bisnisnya. Perusahaan ini sedang mengoordinasikan pembagian multi-arah, dengan tujuan mendorong pertumbuhan independen di bidang-bidang lain seperti komputasi dan logistik. 

Dengan mengintegrasikan teknologi AI seperti  Tongyi Qianwen, Alibaba berusaha memperkuat posisinya di pasar. Unit komputasi perusahaan saat ini menjadi tuan rumah bagi sebagian besar perusahaan AI generatif di China dan melayani sekitar 80% dari perusahaan teknologi di negara tersebut.

Keselarasan raksasa teknologi dan startup inovatif menandai babak baru dalam evolusi kecerdasan buatan, dengan implikasi yang jauh untuk masa depan teknologi.

Keterlibatan Alibaba yang semakin meningkat dalam pembiayaan startup AI seperti MiniMax dan Moonshot AI tidak hanya mempercepat laju inovasi tetapi juga menetapkan standar baru untuk kemajuan teknologi.

Dengan dukungan Alibaba, perusahaan-perusahaan ini siap untuk menavigasi kompleksitas pengembangan AI dengan lebih efektif, yang berpotensi menghasilkan terobosan revolusioner yang dapat mengubah standar industri dan pengalaman pengguna di era digital. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper