Cisco Meluncurkan Motific untuk Mudahkan Perusahaan Terapkan Generative AI

Restu Wahyuning Asih
Kamis, 22 Februari 2024 | 14:24 WIB
Ilustrasi kecerdasan buatan/doc.Microsoft
Ilustrasi kecerdasan buatan/doc.Microsoft
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Cisco mengumumkan produk SaaS bernama Motific, yang memudahkan perusahaan menerapkan generative AI (GenAI), pada Selasa (20/2/2024).

Sebagai produk dari Outshift, inkubasi bisnis Cisco, Motific memberikan pandangan sentral mengenai seluruh perjalanan GenAI.

Motifi juga akan memberdayakan tim IT dan keamanan di pusat untuk secara cepat menghadirkan kemampuan GenAI yang dapat dipercaya di seluruh perusahaan. Yakni mengontrol data sensitif, keamanan, AI yang bertanggung jawab, dan biaya.

Sejak perluasan akses ke GenAI, 97% perusahaan melaporkan peningkatan urgensi untuk menggunakan teknologi bertenaga AI. Namun, banyak perusahaan memiliki hambatan dan rintangan. Salah satunya adalah kemampuan untuk menyesuaikan aplikasi dan solusi GenAI dengan basis pengetahuan dan sumber data yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik mereka.

Biasanya perusahaan membutuhkan waktu yang lama untuk menyediakan dan mengelola bantuan GenAI dan API, mengintegrasikan model di seluruh penyedia, dan mempekerjakan karyawan untuk mengelola proses tersebut.

Sebagai gantinya, mereka mencari produk yang dapat mempercepat penerapan AI dengan investasi minimal.

Dari sini, Motific bisa digunakan untuk menunjang seluruh perjalanan GenAI mulai dari assessment, eksperimen, hingga produksi.

"Cisco dengan sigap mengakselerasi penawaran produk untuk pelanggan di bidang Generative AI untuk memenuhi peningkatan permintaan akan AI dan keamanan perusahaan," kata Vijoy Pandey, Senior Vice President, Outshift by Cisco, dari siaran pers yang diterima Bisnis pada Kamis (22/2/2024).

Lebih lanjut, Vijoy mengatakan bahwa Motific bisa dimanfaatkan untuk mempercepat waktu yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk menggunakan dan menerapkan GenAI dengan memitigasi risiko di awal dan membantu tim untuk berinovasi lebih cepat.

Adapun sejumlah fungsi Motific adalah sebagai berikut:

1. Menerapkan GenAI dengan lebih cepat dan efektif

Motific memangkas waktu penerapan GenAI dari berbulan-bulan menjadi hitungan hari dengan kontrol kepatuhan terhadap penggunaan yang berlebihan, pengeluaran yang tak terkendali, dan integrasi sumber data spesifik milik perusahaan.

2. Mengurangi risiko dan memastikan kepatuhan yang berkelanjutan

Produk ini menyediakan kontrol kebijakan bawaan yang dapat digunakan atau disesuaikan oleh perusahaan dalam hitungan hari, sehingga perusahaan dapat membuat ketentuan berdasarkan kebijakan internal mereka sendiri.

Kontrol otomatis ini dirancang untuk data sensitif seperti personally identifiable information (PII), untuk keamanan seperti prompt injection dan kontrol akses, serta risiko yang berkaitan dengan kepercayaan, seperti toxicity dan halusinasi.

3. Memantau return on investment (ROI) dan insight bisnis sambil mengontrol biaya

Motific juga bisa dimanfaatkan untuk memantau proses bisnis dan kecerdasan penggunaan prompt dengan ROI dan analisis biaya, termasuk jejak audit pemantauan yang terkonsolidasi dan pelacakan metrik utama dari semua permintaan pengguna.

Produk ini mencegah penggunaan AI bayangan dengan menghadirkan visibilitas terhadap penggunaan kemampuan GenAI pihak ketiga yang tak sah dan membantu admin IT menyediakan alternatif yang sesuai dengan kebijakan perusahaan. Motific juga dapat membuat anggaran dan estimasi biaya untuk mencegah pengeluaran yang tidak sesuai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper