Sora OpenAI Hadir, AI yang Bisa Bikin Video Hanya Lewat Perintah Suara

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 16 Februari 2024 | 10:10 WIB
Ilustrasi Logo OpenAI/Reuters
Ilustrasi Logo OpenAI/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pendiri OpenAI, Sam Altman, memperkenalkan SORA OpenAI, sebuah model difusi teks-ke- video yang memungkinkan pengguna untuk membuat video hanya dengan instruksi lewat suara. 

Dilansir dari Mashabel SE Asia, Jumat (16/2/2024), model ini akan membantu kelompok atau seniman visual, desainer, dan pembuat film.

OpenAI telah mengirim pengujian kepada mereka yang  terpilih untuk mendapatkan umpan balik tentang cara memajukan model agar paling berguna bagi para profesional kreatif.

Sora saat ini masuk tahap akhir yaitu pengujian untuk mengetahui bahaya dan risikonya. 

“Inilah Sora, model pembuatan video kami. sungguh luar biasa. Kerja luar biasa dari mereka dan tim. Momen yang luar biasa,” tulis Sam dalam akun X.

Dengan Sora, pengguna dapat menghasilkan video berdurasi hingga satu menit, menggabungkan adegan mendetail dan banyak karakter. 

Pengumuman tersebut mencakup klip video yang mengikuti sebuah SUV di sepanjang jalan pegunungan yang berkelok-kelok dan rekaman "sejarah" California selama era demam emas.

OpenAI meminta kepada para pembuat video pengguna Sora untuk memberi label pada video, dengan pedoman C2PA. 

Sora juga menggunakan metode keamanan yang ada yang diterapkan pada DALL-E yang menolak perintah teks yang tidak pantas atau berbahaya.

Terakhir, OpenAI mengatakan akan melibatkan para pembuat kebijakan, pendidik, dan seniman di seluruh dunia untuk memahami kekhawatiran mereka dan mengidentifikasi kasus-kasus positif penggunaan teknologi baru ini. 

Perusahaan percaya bahwa cara terbaik untuk mempelajari semua cara yang bermanfaat dan berbahaya dalam menggunakan Sora adalah dengan belajar dari penggunaan di dunia nyata adalah komponen penting dalam menciptakan dan merilis sistem AI yang makin aman dari waktu ke waktu.

OpenAI telah mengembangkan alat AI generatif dengan sangat cepat sejak ChatGPT diluncurkan pada November 2022. Sejak itu, kita telah melihat rilis GPT-4, perintah suara dan gambar, model gambar DALL-E 3 baru, semuanya tersedia melalui ObrolanGPT. 

API OpenAI juga memberikan dampak eksponensial pada industri AI, dengan memungkinkan perusahaan dan pengembang membuat alat AI generatif mereka sendiri. Kini, OpenAI mengambil langkah besar berikutnya dalam memajukan kemampuan AI dalam pembuatan video.

Ada model penghasil video lain di luar sana, namun tidak ada yang mampu menghasilkan video yang realistis dan kompleks seperti yang diduga dibuat oleh Sora. 

Meta memiliki alat untuk membuat klip video pendek, dan Google sedang mengerjakan model text-to-video miliknya sendiri, namun masih dalam tahap penelitian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper