Web Whatsapp Sering Muncul Waiting for This Message, Ini Cara Mengatasinya

Novita Sari Simamora
Kamis, 11 Januari 2024 | 10:30 WIB
Logo WhatsApp / whatsapp.com
Logo WhatsApp / whatsapp.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Akhir-akhir ini, web WhatsApp sering mengalami kendala dan muncul tulisan waiting for this message. Kondisi ini sangat mengganggu pengguna.

Tentunya, pengiriman pesan akan sangat terganggu bila waiting for this message terus terjadi, setiap kali membuka web WhatsApp. Namun, masalah ini bisa diatasi, agar tidak terus menerus terjadi.

Bagaimana cara mengatasi kendala waiting for this message di WhatsApp Web?

Caranya adalah tunggu hingga web WhatsApp melakukan sinkronisasi. Sebab, pesan WhatsApp membutuhkan waktu untuk disinkronkan antar perangkat.

Setelah Anda menggunakan WhatsApp web atau desktop dan kembali membuka WhatsApp di Android atau iPhone Anda, biarkan perangkat tetap terhubung ke internet dan tunggu pesan disinkronkan beberapa saat lagi dan semuanya akan teratasi.

Mengapa WhatsApp Anda tidak terhubung ke WhatsApp web?

Pastikan ponsel dan komputer Anda terhubung ke internet. Kemudian, Anda bisa memperbarui WhatsApp di ponsel Anda, mulai ulang kedua perangkat, hapus cache di ponsel Anda, dan verifikasi bahwa Anda menggunakan akun WhatsApp yang sama di kedua perangkat.

Simak penyebab WhatsApp bisa menjadi eror dan muncul tulisan waiting for this message:

1. Karena menginstal ulang WhatsApp

Ini adalah penyebab yang paling mungkin muncul kendala tersebut. Jika Anda atau kontak Anda baru saja menginstal ulang WhatsApp, diperlukan waktu beberapa saat hingga aplikasi menyinkronkan ulang riwayat obrolan Anda. 

Proses ini dapat memakan waktu hanya beberapa menit atau hingga beberapa jam, tergantung pada beberapa faktor (akan dijelaskan lebih lanjut nanti).


2. Masih menggunakan WhatsApp Versi Lama

Penyebab umum lainnya dari kesalahan waiting for this message web WhatsApp adalah penggunaan WA versi lama. Jika Anda menggunakan aplikasi versi lama, penting untuk memperbarui ke versi terbaru sesegera mungkin untuk menghindari potensi masalah.


3. Ponsel Anda Belum Disinkronkan dengan Perangkat Anda yang Tertaut

Jika Anda menggunakan WhatsApp Web atau Desktop, mungkin ponsel Anda belum disinkronkan dengan perangkat tertaut. Dalam hal ini, Anda harus menunggu hingga sinkronisasi selesai sebelum Anda dapat terus menggunakan WhatsApp.

WhatsApp menggunakan teknologi yang disebut enkripsi ujung ke ujung untuk melindungi percakapan Anda. Artinya hanya Anda dan orang yang Anda ajak ngobrol yang dapat membaca pesan Anda. Tidak ada pihak ketiga, bahkan WhatsApp pun tidak dapat membaca pesan Anda.

Agar enkripsi ujung ke ujung berfungsi, WhatsApp perlu membuat kunci keamanan unik untuk setiap percakapan Anda. Kunci keamanan ini digunakan untuk mengenkripsi dan mendekripsi pesan Anda saat dikirim dan diterima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper