Atasi Keamanan, iOS 17.2.1 Malah Bermasalah di Baterai dan Koneksi, Kenapa?

Restu Wahyuning Asih
Senin, 1 Januari 2024 | 14:30 WIB
Logo iOS 17/dok. Apple
Logo iOS 17/dok. Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple meminta penggunanya untuk segera melakukan update ke iOS 17.2.1 untuk mengatasi sejumlah bug.

Salah satu bug yang dikhawatirkan adalah masalah keamanan dan data pengguna yang rentan di-hack atau dicuri oleh orang tak bertanggung jawab.

iOS 17.2.1 pun mengatasi masalah keamanan pengguna, di mana perbaikan telah dilakukan dengan hasil setidaknya 11 cacat keamanan yang terdokumentasi. Beberapa di antaranya cukup serius sehingga menyebabkan eksekusi kode arbitrer atau lolosnya sandbox aplikasi.

Menurut saran dari tim respons keamanan Cupertino, masalah paling serius adalah kerusakan memori di ImageIO yang dapat menyebabkan eksekusi kode arbitrer saat gambar tertentu diproses.

Peluncuran iOS 17.2 juga mengatasi kelemahan eksekusi kode pada mesin rendering WebKit dan masalah keamanan memori yang memungkinkan aplikasi keluar dari sandbox perangkat.

Melansir dari SecurityWeek, update iOS 17.2.1 juga memperbaiki masalah privasi di Akun, masalah pengungkapan informasi di AVEVideoEncoder, Kit Ekstensi yang memungkinkan akses ke data sensitif pengguna, dan kelemahan Siri yang memungkinkan penyerang dengan akses fisik menggunakan bot suara untuk mengakses data sensitif pengguna.

Adanya Kelemahan di Update iOS 17.2.1

Sayangnya sejumlah pengguna kembali mengeluhkan adanya masalah dalam update iOS 17.2.1. Dalam diskusi di Apple Community Forum, sejumlah pengguna mengaku ponsel mereka malah mengalami eror setelah update iOS.

Tak beberapa lama selang update dilakukan, pengguna mangaku tidak bisa terhubung ke jaringan seluler.

Selain masalah seluler, pengguna iPhone juga mengeluhkan update iOS 17.2.1 yang membuat baterai perangkat mereka jadi lebih cepat habis.

Padahal sebelumnya Apple juga sudah berupaya untuk mengatasi masalah baterai boros ini dalam pembaruan iOS 17.2.1.

"Setelah instal update ini saya mengalami masalah panas dan baterai boros di iPhone 15. Apakah ada solusi untuk masalah ini?" kata seorang pengguna dikutip dari Phone Arena.

Meskipun hingga kini belum ada penjelasan resmi dari Apple terkait sejumlah masalah yang dikeluhkan pengguna di beberapa forum online.

iOS 17.3.1 versi Beta diluncurkan Apple

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper