ISAT Optimalisasi Jaringan di 434 Lokasi, Antisipasi Lonjakan Trafik

Crysania Suhartanto
Jumat, 22 Desember 2023 | 00:00 WIB
Karyawan beraktivitas di gerai PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, Rabu (28/9/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas di gerai PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, Rabu (28/9/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Indosat Tbk. (ISAT) memprediksi lonjakan trafik data sebesar 11,5% dari masa normal, selama momen Natal dan Tahun Baru 2024. 

Director and Chief Commercial Officer IM3 Ritesh Kumar Singh mengatakan lonjakan tersebut dikarenakan meningkatnya penggunaan media sosial dan game.

Oleh karena itu, Ritesh mengatakan Indosat akan meningkatkan konektivias jaringannya dengan melakukan optimalisasi pada 434 lokasi prioritas dan peningkatan kapasitas di 527 titik.

“Menjelang akhir tahun, permintaan akan kebutuhan konektivitas internet makin besar sehingga kami berkomitmen untuk terus mengoptimalisasi jaringan,” ujar Ritesh pada paparannya, Kamis (21/12/2023).

Ritesh mengaku hal tersebut dilakukan demi memberikan pengalaman internet yang lebih cepat, luas, dan stabil kepada seluruh pelanggan di Indonesia

Selain itu, Ritesh mengatakan inisiatif lainnya dilakukan dengan menggelar uji coba jaringan di wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan. Mulai dari jalan Trans Jawa, Trans Sumatra, Cikampek, Samarinda, dan Balikpapan. 

Lebih lanjut, Ritesh mengatakan Indosat juga sudah memanfaatkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk membantu command center Indosat yang aktif selama 24/7 untuk memastikan jaringan tetap stabil.

Pada paparannya, Ritesh juga mengatakan tim pemasaran mereka juga akan terus bekerja selama 24 jam sehari, termasuk akhir pekan untuk memastikan semua berjalan dengan aman. 

“Hal ini selaras dengan tujuan besar Indosat Ooredoo Hutchison dalam menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” ujar Ritesh.

Sebagai informasi, saat ini Indosat merupakan operator telekomunikasi dengan jumlah pelanggan kedua terbesar di Indonesia. 

Pada kuartal III/2023, jumlah pelanggan Indosat (digabungkan dengan IM3 dan 3) menjadi 99,4 juta pengguna. 

Diketahui, jumlah pelanggan Indosat pada 2019 adalah 58,8 juta, kemudian naik ke 60,4 juta pada 2020, 62,3 juta pada 2021, mengalami peningkatan drastis pada 2022 yakni 98,6 juta pelanggan, dan pada kuartal III/2023 menjadi 99,4 juta pelanggan.

Adapun perlu diketahui pada kuartal I/2023, Indosat merger dengan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I) atau Tri Indonesia. Alhasil, jumlah infrastruktur dan pelanggan mereka menjadi satu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper