Ilmuwan Temukan Cara Berkomunikasi dengan Ikan Paus, Berikutnya Alien?

Redaksi
Selasa, 19 Desember 2023 | 12:48 WIB
Ikan paus/Youtube
Ikan paus/Youtube
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para ilmuwan mengklaim percakapan dengan ikan paus bisa dilakukan. Mereka telah melakukan uji coba percakapan selama 20 menit dengan paus bungkuk di Tenggara Alaska.

Penulis utama Dr Brenda McCowan dari UC Davis, mengatakan perilaku pencerminan ini menunjukkan bahwa paus sedang terlibat dalam jenis percakapan interaktif dengan rekaman panggilan.

"Kami percaya ini adalah pertukaran komunikasi pertama antara manusia dan paus bungkuk dalam bahasa bungkuk," kata Dr Brenda, dikutip dari dailymail, Selasa (19/12/2023).

Perlu diketahui, paus bungkuk Alaska Tenggara bernama Twain ini berusia 38 tahun. Para peneliti dari SETI Institute dan UC Davis menanggapi panggilan kontak yang direkam sebelumnya di tenggara Alaska. Ini menandai komunikasi pertama antara manusia dan paus dalam bahasa mereka sendiri.

Berdasarkan riset tersebut, peneliti SETI mempelajari bagaimana paus berkomunikasi dengan harapan mengembangkan filter kecerdasan dalam mencari kehidupan di luar bumi. Tak hanya itu, para ilmuwan juga menyiarkan ucapan “whup/throp” melalui speaker bawah air.

Ketika panggilan itu diperdengarkan di dalam air, Twain mendekati perahu dan menjawab dengan panggilannya sendiri. Hal yang paling penting adalah para ilmuwan menemukan bahwa Twain mengubah frekuensi panggilannya sebagai respons terhadap panggilan para peneliti.

Dalam makalah penelitian mereka, Dr Brenda dan rekan penulisnya menyatakan bahwa Twain termotivasi untuk menjawab dengan kegembiraan dan mungkin timbulnya agitasi. 

Tak hanya itu, ada juga jenis sinkronisasi perilaku adalah hal penting yang ditunjukkan oleh paus dikaitkan dengan ikatan dan kohesi kelompok.  Hal ini untuk menunjukkan bahwa Twain berpartisipasi aktif dalam pertukaran komunikasi.

Tujuan utama para peneliti bukanlah untuk berbicara dengan paus tetapi dengan bentuk kehidupan yang lebih asing. Sama seperti ilmuwan lain yang mungkin memandang Antartika sebagai proksi Mars atau lingkungan asing lainnya, para peneliti SETI juga mengamati Bumi untuk menemukan pengganti kecerdasan ekstra-terestrial.

Alaska Whale Foundation Dr Fred Sharpe mengatakan paus bungkuk sangat cerdas, memiliki sistem sosial yang kompleks, membuat peralatan jaring dari gelembung untuk menangkap ikan, serta berkomunikasi secara luas melalui nyanyian maupun panggilan sosial.

Artinya, dengan mempelajari cara menemukan informasi melalui panggilan paus, suatu hari nanti para ilmuwan mungkin bisa memahami komunikasi dari alien. 

Paus bungkuk bisa menjadi perwakilan alien yang baik, karena kecerdasan dan kekuatan komunikasi yang sangat tinggi. Organ otak besar mereka memiliki area yang luas untuk memproses informasi pendengaran, dan lingkungan perairan memungkinkan mereka memberi sinyal dalam jarak yang jauh.

Selain itu, SETI Institute Dr Laurence Doyle menjelaskan bahwa ada batasan pada teknologi saat ini, asumsi penting dalam pencarian kecerdasan luar angkasa adalah makhluk luar angkasa tertarik pada komunikasi dan oleh karena itu akan menargetkan manusia sebagai penerimanya.

“Asumsi penting ini tentunya didukung oleh perilaku paus bungkuk,” kata Laurence, dikutip dari dailymail, Selasa (19/12/2023).

Sebelumnya, SETI telah berupaya mencari kehidupan di luar bumi dengan mendengarkan sinyal radio yang sampai ke Bumi.

Teorinya adalah peradaban luar bumi yang sangat maju mungkin tertarik untuk berkomunikasi dengan planet lain, sehingga akan mengirimkan informasi dalam bentuk energi tinggi.

Teori tersebut berfokus pada hipotesis bahwa seseorang mungkin mengirimkan informasi dari alien dengan suar berdenyut di dekat pusat Bima Sakti

Oleh karena itu, SETI berfokus pada pengembangan alat untuk memindai sinyal intelijen dalam kebisingan latar belakang ruang angkasa yang terus-menerus. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper