Apple Watch Series 10, Jam Pintar yang Bisa Ukur Gula Darah Hadir 2024

Redaksi
Selasa, 19 Desember 2023 | 06:57 WIB
Smartwatch Apple dipajang dalam acara peluncuran sejumlah produk Apple di kampus Apple Park, Cupertino, California, Amerika Serikat pada Selasa (12/9/2023). - Bloomberg/David Paul Morris
Smartwatch Apple dipajang dalam acara peluncuran sejumlah produk Apple di kampus Apple Park, Cupertino, California, Amerika Serikat pada Selasa (12/9/2023). - Bloomberg/David Paul Morris
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Apple, perusahaan teknologi raksasa asal AS, berencana meluncurkan Apple Watch Series 10, dengan sejumlah fitur kesehatan baru salah satunya adalah pengukur kadar gula darah seseorang. 

Dilansir dari beebom, Senin (19/12/2023) pengguna Apple Watch dapat melacak hasil gula darahnya. Kini penderita diabetes bisa mengandalkan insulin untuk mengambil darah menggunakan pisau dengan bilah jarum kecil. 

Pengguna dapat mengambil setetes darah dan menempelkannya pada strip tes sekali pakai. Kemudian ditempatkan ke dalam alat yang disebut glukometer untuk mengukur hasilnya.

Setelah mengetahui hasilnya, perlu dilakukan penderita diabetes adalah menghitung dosis insulin yang tepat untuk digunakan. 

Hal ini sangat penting karena penggunaan insulin yang terlalu banyak dapat menyebabkan pingsan pada penderita diabetes.

Mengkonsumsi insulin terlalu sedikit dalam jangka waktu lama dapat merusak organ tubuh penderita diabetes, termasuk mata dan jantung.

Jika Apple dapat membuat sensor gula darah non-invasif, hal ini akan menghilangkan banyak penderitaan bagi penderita diabetes dan menyelamatkan mereka dari keharusan membeli strip tes yang mahal, karena tidak dapat digunakan kembali.

Selain itu, rumornya Apple Watch akan mampu mendeteksi hipertensi dan sleep apnea pada penggunanya tahun 2024 mendatang. Hal ini untuk memantau tekanan darah pada pergelangan tangan yang akan sangat membantu dalam mendeteksi hipertensi. 

Salah satu jurnalis Bloomberg Mark Gurman, menyampaikan bahwa fitur kesehatan yang rencananya akan ditambahkan Apple ke perangkat wearable terlarisnya harus memiliki kekuatan pemasaran yang nyata.

“Apple Watch sebagai perangkat kesehatan terbaik yang pernah ada, perusahaan tersebut harus menghadirkan sesuatu yang memiliki nilai dunia nyata seperti kemampuan mengukur tekanan darah,” kata Gurman, dikutip dari beebom, Senin (18/12/2023).

Sebagai informasi, pembaruan Apple Watch diperkirakan akan dirilis pada September 2024, bertepatan dengan jajaran iPhone 16.

Dikutip dari thetechhacker, Senin (18/12/2023), Apple juga berencana meluncurkan AirPods generasi keempat dengan fitur Active Noise Cancellation (ANC) pada tahun 2024. Iterasi ini menjanjikan desain yang diperbarui, casing yang diperbarui dengan peringatan Temukan Saya, dan port pengisian daya USB-C.

Active Noise Cancellation (ANC) menghadirkan fungsionalitas premium ini dengan harga yang lebih terjangkau. Pembaruan perangkat lunak membawa AirPods ke tingkat berikutnya dengan menggabungkan fungsionalitas alat bantu dengar, memposisikannya sebagai alternatif alat bantu dengar yang dijual bebas atau dapat dibeli tanpa resep. 

Gurman juga mengisyaratkan versi baru AirPods Max pada tahun 2024, dengan opsi warna baru dan port pengisian daya USB-C.

Adapun harapan dari pembaruan pada AirPods Pro pada tahun 2025, yang berfokus pada peningkatan kenyamanan dan kemungkinan memperkenalkan fitur-fitur baru seperti pelacakan suhu tubuh dan kesehatan, yang masih dalam tahap pengembangan awal. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper