Xiaomi 14 Pro Disebut Absen di RI, Software Jadi Alasan

Redaksi
Minggu, 17 Desember 2023 | 14:27 WIB
Toko resmi penjualan smartphone Xiaomi Mi Store
Toko resmi penjualan smartphone Xiaomi Mi Store
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Xiaomi, perusahaan elektronik swasta asal China, dikabarkan tidak akan menghadirkan Xiaomi 14 Pro ke pasar global, termasuk Indonesia. Penyebabnya karena pergantian perangkat lunak atau software.

Xiaomi secara resmi meluncurkan seri Xiaomi 14 dua bulan lalu. Seri Xiaomi 14 merupakan smartphone pertama yang dibekali Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3.

Model dengan prosesor yang sangat bertenaga ini telah diterima dengan baik oleh semua orang. Namun, sayangnya Xiaomi 14 Pro tidak akan diluncurkan di pasar global. 

Berdasarkan laporan terbaru dari laman resmi, Xiaomi telah memutuskan untuk mengurangi jumlah produk kelas atas yang ditawarkannya secara global.

Perusahaan tersebut dikabarkan telah menyerahkan Xiaomi 14 Pro ke perusahaan eksklusif China, meski menawarkan Xiaomi 13 Pro tahun ini yang diluncurkan secara pasar global.

"Kami memiliki berita yang akan mengecewakan pengguna Xiaomi di pasar lain. Xiaomi tidak akan meluncurkan Xiaomi 14 Pro di pasar global," Tulis Xiaomi, dalam laporannya, Minggu (17/12/2023). 

Situs resmi Xiaomi mengonfirmasi bahwa Xiaomi 14 Pro akan tetap eksklusif untuk China tetapi tidak dijual secara global.

Xiaomi 14 Pro adalah model kelas atas terbaru Xiaomi dan memiliki spesifikasi perangkat keras kelas atas. Berbeda dari model utama memiliki panel  AMOLED beresolusi 2K, pengisian cepat 120W, dan aperture kamera F1.46. 

Selain itu, tidak ada perbedaan signifikan antara kedua smartphone tersebut. Karena berbagai alasan, Xiaomi 14 Pro tidak akan diluncurkan di pasar global. Server resmi Xiaomi telah mengungkapkan versi MIUI internal terakhir dari Xiaomi 14 Pro.

MIUI internal terbaru Xiaomi 14 Pro adalah HyperOS dan nyatanya Xiaomi 14 Pro dipastikan tidak akan diluncurkan di pasar global. Hal jni dikarenakan Xiaomi melakukan perubahan pada server setelah membocorkan versi MIUI 15. 

Xiaomi telah berhenti mengembangkan versi HyperOS Global untuk Xiaomi 14 Pro. Hal ini menegaskan bahwa OS1.0.0.4.UNBEUXM. 

Di atas, hanya perangkat lunak Xiaomi 14 Pro untuk wilayah Eropa yang ditampilkan sebagai berganti nama menjadi MIUI 15. MIUI-V15.0.0.1.UNBMIXM.

Pada Oktober 2023, belum ada Uji Global HyperOS untuk Xiaomi 14 Pro selama hampir 2 bulan. Pengujian HyperOS Global terhadap Xiaomi 14 terus berlangsung dan ini hanya menunjukkan bahwa Xiaomi 14 akan diluncurkan di pasar global.

Build HyperOS internal terakhir Xiaomi 14 adalah Peluncuran di India akan dilakukan di kemudian hari. Perangkat lunak India Xiaomi 14 belum siap.

Nah, itulah alasan Xiaomi tidak meluncurkan Xiaomi 14 Pro secara pasar Global. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper