Jelajah Sinyal 2023: Asyiknya Santap Nasu Palekko di Kota Cinta Habibie-Ainun

Annisa Kurniasari Saumi
Jumat, 1 Desember 2023 | 01:01 WIB
Bebek Palekko, makanan khas Kota Parepare, Sulawesi Selatan yang nikmat disantap bersama keluarga.
Bebek Palekko, makanan khas Kota Parepare, Sulawesi Selatan yang nikmat disantap bersama keluarga.
Bagikan

Bisnis.com, PAREPARE - Malam dingin di Kota Parepare menjadi waktu yang paling tepat untuk menikmati Nasu Palekko. Nasu Palekko merupakan salah satu kuliner khas Sulawesi Selatan.

Masakan yang berasal dari Kabupaten Sidrap ini berbahan dasar bebek atau itik yang di potong kecil-kecil. Namun, bebek tersebut dapat juga menggunakan ayam sebagai alternatif.

Nasu Palekko awalnya diperkenalkan oleh peternak bebek yаng berasal dari Kabupaten Sidrap. Selanjutnya, masakan ini diperkenalkan di Kabupaten Pinrang, sehingga masyarakat kerap menganggap Nasu Palekko berasal dari Pinrang. 

Nama Nasu Palekko memiliki beragam makna yang berkembang di masyarakat, namun yang paling dikenal ialah nasu berarti masak dan palekko artinya wajan atau kuali dari tanah. 

Nasu Palekko juga memiliki cita rasa yang khas. Saat menyantapnya, tubuh akan terasa hangat karena kombinasi dari berbagai rempah yang menjadi bahan masakan ini.

Nasu Palekko menggunakan rempah-rempah seperti kemiri, asam, sereh, garam, lengkuas, dan kunyit.

Ada banyak restoran yang menyediakan Nasu Palekko di Kota Cinta Habibie-Ainun, Parepare. Salah satu restoran yang menyajikan Nasu Palekko di Kota Parepare ialah Reza Cafe & Palekko. Lokasi restoran ini berada di atas bukit di tengah Kota Parepare. 

Nasu Palekko memiliki cita rasa yang cukup nikmat dengan rasa pedas yang pas, ditambah adanya sup hangat sebagai teman menyantap Palekko. 

Pengunjung yang datang juga cukup beragam, mulai dari anak kecil hingga dewasa memenuhi restoran ini. Meskipun cukup ramai, restoran ini cukup luas sehingga pengunjung tidak kesulitan untuk mencari lokasi duduk yang diinginkan.

Metode pembayaran pun menyesuaikan dengan perkembangan digital yang ada, di antaranya pengunjung dapat melakukan pembayaran dengan metode transfer. 

Dengan merogoh uang Rp116.000, pengunjung sudah dapat menikmati seporsi besar Nasu Palekko di restoran ini. (Hikmah Tusahadiyah Putri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper