Elon Musk Sumbang Israel dan Gaza Pakai Duit Iklan X

Hesti Puji Lestari
Kamis, 23 November 2023 | 13:54 WIB
CEO Tesla Elon Musk. /Bloomberg
CEO Tesla Elon Musk. /Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Orang terkaya dunia, Elon Musk, akan menyumbangkan pendapatan iklan platform X-nya untuk Israel dan Gaza.

Dilansir dari unggahan Twitter terbarunya, Musk mengumumkan bahwa perusahaan media sosialnya akan menyumbangkan pendapatan iklan dan langganan ke rumah sakit Israel serta kru medis Palang Merah dan Bulan Sabit Merah di Jalur Gaza di tengah.

"X Corp akan mendonasikan seluruh pendapatan dari iklan dan langganan yang terkait dengan perang di Gaza ke rumah sakit di Israel dan Palang Merah/Bulan Sabit Merah di Gaza," bunyi cuitan Musk pada Rabu, 22 November 2023.

Tidak diketahui mengapa Musk mendadak melakukan manuver ini, akan tetapi aksi ini dilakukan crazy rich tersebut setelah perusahaan-perusahaan blue-chip meninggalkan X dalam seminggu terakhir.

Perusahaan ini berbondong-bondong meninggalkan X menyusul laporan dari kelompok pengawas liberal yang menuduh situs tersebut mempromosikan konten antisemit.

Unggahan Elon Musk ini pun mengundang berbagai reaksi dari netizen. 

Beberapa poster menanggapi Musk dengan mengungkapkan kekhawatiran bahwa dana tersebut akan berakhir di tangan teroris Hamas, yang dituduh menggunakan ambulans Bulan Sabit Merah serta rumah sakit di Gaza untuk melindungi aktivitas militan mereka melawan Israel.

Meski demikian, Musk mengatakan bahwa mereka akan mengawasi alokasi bantuan yang diberikan oleh Platform X tersebut.

“Kami akan melacak bagaimana dana dibelanjakan dan disalurkan melalui Palang Merah/Bulan Sabit,” jawab Elon Musk.

Karena banyak komentar menyudutkan dari netizen, dalam postingan berikutnya, Musk tampak mempertimbangkan kembali keputusannya untuk menyumbang ke Bulan Sabit Merah dan Palang Merah.

“Oke, apa cara yang lebih baik untuk membantu anak-anak di Gaza? Mungkin hanya pembelian langsung perlengkapan medis anak?" tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper