Internet Israel Termurah di Dunia, 1 GB Seharga 1 Permen

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 14 November 2023 | 08:09 WIB
Ilustrasi menara telekomunikasi./Bloomberg
Ilustrasi menara telekomunikasi./Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Cable, situs pembanding harga internet, televisi dan telepon asal Inggris, menempatkan Israel sebagai negara dengan harga internet rata-rata per GB termurah di dunia. Harga 1 GB internet di Israel setara dengan harga 1 permen di Indonesia. 

Cable menyebut dalam laporannya yang berjudul World Wide Mobile Data Pricing, bahwa harga rata-rata per GB internet di Israel mencapai US$0,02 (kurs: Rp15.699) atau Rp313.

Tidak hanya, bahkan ketika ada promo harga internet Israel bisa mencapai US$0,001 atau nyaris gratis. 

Layanan telekomunikasi di Israel adalah salah satu yang paling berkembang di Timur Tengah. Israel memiliki sistem telekomunikasi berbasis kabel koaksial, serat optik, dan relai radio gelombang mikro. 

Industri telekomunikasi Israel sendiri awalnya didominasi oleh Bezeq, perusahaan BUMN seperti Telkom di Indonesia. Hingga akhirnya pada 1990-an, pasar telekomunikasi Israel terbuka untuk umum dan beberapa perusahaan swasta mulai masuk dan memberi layanan di Israel. 

Dari segi teknologi dan industri, industri telekomunikasi Israel telah menjadi salah satu pemimpin global dalam pengembangan teknologi yang memelopori pengembangan protokol seperti WiMAX, percakapan suara berbasis media internet (VoIP) dan TDMoIP. 

Israel juga muncul sebagai pemasok terkemuka bagi industri telekomunikasi global, dan pemimpin global dalam penelitian teknologi pada tahun 2000-an. 

Dilansir dari TCS Telecom, pendapatan infrastruktur dasar Industri telekomunikasi Israel mencapai US$4,8 miliar pada 2022.  Sementara itu, laporan GlobalData memprediksi industri ini akan menikmati tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 1% antara tahun 2022 dan 2027.

Artinya, tidak akan lama lagi telekomunikasi akan mendapatkan $5 miliar (dan lebih) di Israel.

Saat ini, Israel adalah salah satu dari sedikit negara yang telah sepenuhnya mendigitalkan saluran teleponnya, menjadikannya yang terdepan pada era internet. Selain itu, penetrasi ponsel pintar hampir mencapai total dan diperkirakan akan tumbuh dari 87,58% pada 2023 menjadi 90,21% pada 2028.

Israel telah mengalami kemajuan besar sejak pemerintah Inggris memasang sambungan telepon rumah sederhana di seluruh negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper