3 Kekurangan PS5 Slim yang Baru Dirilis Sony, Jadi Pertimbangan Sebelum Membeli

Redaksi
Senin, 13 November 2023 | 14:02 WIB
Tampilan PS5 Slim yang baru dikeluarkan oleh Sony/dok.Sony
Tampilan PS5 Slim yang baru dikeluarkan oleh Sony/dok.Sony
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sony Corporation, perusahaan yang fokus pada produksi alat elektronik, baru saja resmi meriliskan Playstation 5 (PS5) versi slim lebih ramping. Sayangnya, ada beberapa kekurangan yang dari model baru ini. 

Pertama, secara teknis, PS5 yang diperbarui sedikit lebih kecil dari aslinya, tetapi tidak cukup untuk membuatnya lebih mudah ditempatkan di mana saja.

Ukurannya 14,1x3,8x8,5 inci (HWD), sedikit lebih tipis di semua sisi dibandingkan PS5 rilis pertama berukuran 15,4x 4,1x10,2 inci. Tentu saja tidak sebanding dengan pengurangan ukuran PS4 Slim secara drastis.

Kedua, dari sisi teknologi, model PS5 terbaru ini membawa fitur teknologi yang sama, tetapi dikemas dengan volume yang lebih kecil hingga 30%, berat 18% lebih ringan, dan 24% lebih ringan untuk model drive Disk.

Terdapat empat panel penutup terpisah, dengan bagian atas terlihat mengkilap, sedangkan bagian bawah tetap matte.

Ada dua model PS5 Slim yang diumumkan, yakni PS5 bundling dengan Drive Disk Blu-ray Ultra HD dan PS5 Digital Edition. Artinya, pengguna juga bisa memainkan dua jenis game PS5, yaitu versi digital dan versi fisik. 

Model terbaru PS5 ini dikemas dalam bentuk yang lebih kecil dengan Drive Disk Blu-Ray Ultra HD yang dapat dilepas ke PS5 Digital Edition dan Penyimpanan internal SSD 1TB. Hal ini karena Drive Disk Blu-Ray bisa dilepas yang membuat dimensi PS5 menjadi lebih ramping dengan lebih banyak ruang hard drive, port USB-C baru, dan port USB-C.

Dikutip dari uk.pcmag, Senin (13/11/2023), kekurangan selanjutnya adalah tidak banyak perubahan, tombol daya dan dua port USB masih berada di pita hitam di bagian depan sistem, sedangkan drive Blu-ray Ultra HD yang memuat slot berada di benjolan panel putih. 

Steker USB depan masih merupakan port USB 2.0 Berkecepatan Tinggi yang paling cocok untuk pengontrol dan periferal sederhana lainnya dibandingkan dengan port USB 3.1 Gen 2 Kecepatan Super lainnya di konsol.  

Selain itu, bagian belakang menampung dua port USB-A, port Ethernet, dan konektor kabel daya yang sama. Satu-satunya variasi adalah dua port USB di bagian depan kini keduanya USB-C, bukan satu USB-A dan satu USB-C.

Untuk penyimpanan model ini memiliki peningkatan terbesar yang dimiliki PS5 Slim dibandingkan aslinya. Muncul dengan SSD 1TB yang menyediakan penyimpanan yang dapat digunakan sebesar 848GB dibandingkan dengan ruang 667GB pada model pertama yang dilengkapi SSD 825GB. 

Untuk colokan, PS5 Slim kini dibekali dua colokan USB C. Berbeda dengan PS5 saat ini yang memiliki satu port USB-C dan satu port USB-A.

Adapun kabar baiknya bahwa PS5 yang lebih kecil lebih mudah diatur secara horizontal. dudukan horizontal alias horizontal stand untuk menyimpan PlayStation yang dipasang di sisi konsol agar tetap stabil. Pengguna bisa membeli dudukan vertikal baru secara terpisah seharga $30 atau setara Rp471.513 (kurs: Rp15.717).

Model PS5 baru akan tersedia mulai November 2023 di Amerika Serikat melalui pengecer tertentu dan situs direct.playstation.com. Setelah itu, PS5 Slim akan diluncurkan secara global dalam beberapa bulan mendatang.

Di sisi lain, Sony Group Corporation mencatatkan penurunan laba operasional 29% secara tahunan pada kuartal III/2023, akibat kinerja yang lebih lemah pada sensor gambar, termasuk meredupnya penjualan Playstation (PS)5. 

Dilansir dari CNA, Kamis (9/11/2023), konglomerat teknologi Jepang ini telah beralih dari pencipta produk elektronik rumah tangga seperti Walkman menjadi raksasa hiburan yang bergerak di bidang game, film, dan musik, serta merupakan pembuat sensor gambar.

Sony menargetkan penjualan 25 juta konsol PlayStation 5 (PS5) pada tahun ini, tetapi hingga Juli 2023 Sony mendapatkan penjualan yang lebih lambat dari perkiraan sehingga perusahaan harus melakukan promo. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper