PS 5 Kurang Laku, Laba Operasional Sony Turun 29%

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 9 November 2023 | 15:13 WIB
Sony PlayStation 5/Bloomberg
Sony PlayStation 5/Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sony Group Corporation, perusahaan teknologi asal Jepang, mencatatkan penurunan laba operasional 29% secara tahunan pada kuartal III/2023, akibat kinerja yang lebih lemah pada sensor gambar, termasuk meredupnya penjualan Playstation (PS)5. 

Dilansir dari CNA, Kamis (9/11/2023), konglomerat teknologi Jepang ini telah beralih dari pencipta produk elektronik rumah tangga seperti Walkman menjadi raksasa hiburan yang bergerak di bidang game, film, dan musik, serta merupakan pembuat sensor gambar.

Sony menargetkan penjualan 25 juta konsol PlayStation 5 (PS5) pada tahun ini, tetapi hingga Juli 2023 Sony mendapatkan penjualan yang lebih lambat dari perkiraan sehingga perusahaan harus melakukan promo. 

Sony menjual 4,9 juta unit PS5 pada kuartal kedua, lebih sedikit dibandingkan 3,3 juta unit pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Kemudian, laba divisi chip Sony merosot 38 persen, terpukul oleh biaya yang lebih tinggi dan penjualan sensor gambar yang lebih lesu.

Adapun Marvel's Spider-Man 2  yang hadir pada 20 Oktober menjadi penghibur dalam kinerja yang lesu itu, dan menjadi game dengan penjualan tercepat yang pernah ada.

“Sebanyak 5 juta unit game telah terjual pada akhir Oktober,” tulis Sony dalam laporannya. 

Saingannya, Nintendo, telah mencetak serangkaian kesuksesan dalam beberapa bulan terakhir karena perusahaan tersebut terus menarik para gamer meskipun menghindari grafis canggih yang dikejar oleh Sony dan pembuat Xbox, Microsoft.

Divisi film Sony akan ikut mendanai dan mendistribusikan adaptasi live-action dari franchise Zelda yang ikonik dari Nintendo. Para analis pun memperkirakan kolaborasi lebih lanjut antara dua perusahaan hiburan terkemuka Jepang tersebut.

“Jaringan distribusi dan rekam jejak penerbitan Sony yang kuat dapat menjadikannya langkah strategis bagi Nintendo,” tulis analis Jefferies Atul Goyal dalam catatan klien menjelang laporan pendapatan Sony.

Perusahaan mempertahankan laba operasional setahun penuh sebesar 1,17 triliun yen namun menaikkan perkiraan penjualan dan laba bersih masing-masing sebesar 2%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper