Trafik Data Saat Pemilu 2024 Ramai, Mitratel (MTEL) Optimistis Pendapatan Naik

Rahmad Fauzan
Senin, 30 Oktober 2023 | 17:56 WIB
Seremoni pencatatan saham perdana PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (MTEL) atau Mitratel di Bursa Efek Indonesia, Senin (22/11/2021)./Istimewa
Seremoni pencatatan saham perdana PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (MTEL) atau Mitratel di Bursa Efek Indonesia, Senin (22/11/2021)./Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (Mitratel) optimistis pendapatan tahunan perusahaan mengalami kenaikkan pada tahun politik 2024 dan konflik global yang masih panas.

Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Mitratel Ian Sigit Kurniawan mengatakan kenaikan pendapatan itu bakal berjalan seiring dengan lalu lintas penggunaan data telekomunikasi selama momentum Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Tahun depan ramai pasti traffic lalu lintas data ramai. Mitratel tidak terlepas dari situ, dan kami melihat ada potensi pertumbuhan, ada potensi untuk mengembangkan bisnis lagi,” kata Ian di Jakarta, Senin (30/10/2023).

Mitratel, sambungnya, juga akan melakukan ekspansi serta siap menerima layanan dari operator seluler di mana perusahaan melihat terdapat peluang bisnis.

Diberitakan sebelumnya, Mitratel siap menjadi penampung jika PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) melego menaranya. Kendati demikian, belum ada kepastian mengenai perihal jual-menjual dari perusahaan operator seluler tersebut.

Direktur Investasi Mitratel Hendra Purnama mengatakan Mitratel sudah menyampaikan ketertarikan untuk membeli menara kepada Telkomsel. Namun, anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) itu disebut belum mau menjual dengan pelbagai alasan.

“Menara Telkomsel saat ini tinggal 2.000 sampai 3.000. Kami sudah menyampaikan ketertarikan jika memang mereka mau melepas. Saat ini, karena berbagai alasan mereka belum bisa melepas,” kata Hendra.

Namun, sambungnya, Telkomsel juga tidak menutup kemungkinan untuk menjual tower-towernya. Hendra menyebut Mitratel dalam posisi standby terkait dengan perihal waktu Telkomsel melepas menaranya.

Dia menjelaskan beberapa hal terkait dengan penjualan menara yang tentunya memerlukan waktu. Terutama yang menyangkut kejelasan dokumentasi dan perpajakan.

Sebagai informasi, Mitratel berhasil mengoperasikan sekitar 3.701 menara pada kuartal III/2023, atau bertambah 2.040 menara dibandingkan denan periode yang sama tahun lalu.

Dari sisi kinerja, perusahaan mencatatkan pertumbuhan jumlah penyewa dan kolakasi hingga dua digit pada kuartal III/2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Sampai dengan September 2023, emiten berkode saham MTEL itu telah melayani 55.704 penyewa atau tumbuh 10,5% year on year/YoY. Kemudian, jumlah kolokasi mencapai 18.613 kolokasi atau tumbuh 21,3% YoY.

Kolokasi adalah penempatan perangkat telekomunikasi ke menara telekomunikasi bersama untuk pemohonan baru dari penyelenggara telekomunikasi.

Sebagai informasi, Mitratel optimistis mampu meraup pendapatan mencapai Rp2 triliun pada tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper