Daftar Operator Seluler dengan Koneksi Internet Tercepat di RI

Ni Luh Anggela
Sabtu, 21 Oktober 2023 | 13:15 WIB
Ilustrasi jaringan internet 3G, 4G, dan 5G/freepik
Ilustrasi jaringan internet 3G, 4G, dan 5G/freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Speedtest, perusahaan asal Amerika Serikat yang menyediakan pengujian jaringan, mengumumkan daftar operator seluler dengan koneksi internet tercepat di RI. 

Anak usaha Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Telkom (TLKM) Telkomsel menempati urutan pertama sebagai operator seluler dengan koneksi internet tercepat di Indonesia pada kuartal II dan III/2023, menurut laporan Speedtest.

Adapun kecepatan operator seluler yang juga diukur yaitu Telkomsel, XL, Smartfren, dan 3 (Tri).

Speedtest menyampaikan, Telkomsel berada di posisi pertama dengan skor kecepatan unduh mencapai 31.04 Mbps pada kuartal III/2023.

Posisi kedua ditempati oleh XL dengan skor kecepatan 20.79 mbps diikuti IM3 Ooredoo 18.88 mbps, Smartfren 18.53 mbps dan 3 dengan skor kecepatan 18.47 mbps.

Kemudian di kuartal II/2023, Telkomsel masih berada di peringkat pertama, dengan skor kecepatan unduh mencapai 28.72 mbps. Posisi selanjutnya ditempati oleh XL dengan skor 20.28 mbps.

Sementara itu, skor kecepatan Smartfren tercatat 17.02 mbps dan 3 dengan skor 16.80 mbps.

Menurut catatan Bisnis.com, Kamis (28/9/2023), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tengah menyiapkan insentif untuk mempercepat penggelaran jaringan 5G di Indonesia. Dengan begitu, Indonesia dapat masuk ke dalam 10 besar negara dengan internet tercepat di dunia.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie  Setiadi mengatakan, pemerintah akan menalangi biaya penerimaan negara bukan pajak (PNBP) frekuensi 5G. Hal ini sebagai langkah strategis agar jaringan 5G dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kecepatan internet di Indonesia yang lebih baik.

“Jadi negara investasi dahulu, tidak usah bayar sehingga bisa lebih murah operator mau melakukan investasi dalam jumlah yang besar,” jelas Budi.

Di sisi lain, kecepatan internet Indonesia berada di peringkat 98 pada September 2023, dibandingkan kuartal sebelumnya. Speedtest Global Index mencatat, penurunan performa terjadi baik di segmen mobile, fixed broadband, maupun latensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper