Gitex Global 2023: ATRC Luncurkan Mobil Balap Otonom Super Formula Dallara SF23

Fatkhul Maskur
Selasa, 17 Oktober 2023 | 19:09 WIB
Mobil Balap Otonom Super Formula Dallara SF23 milik ATRC yang diperkenalkan pada Gitex Global 2023/Bisnis.com-Fathkul Maskur
Mobil Balap Otonom Super Formula Dallara SF23 milik ATRC yang diperkenalkan pada Gitex Global 2023/Bisnis.com-Fathkul Maskur
Bagikan

1697519354_aa9930a9-128e-4943-ba60-0d23707be260.
1697519354_aa9930a9-128e-4943-ba60-0d23707be260.

Bisnis.com, DUBAI--Memanfaatkan momentum pameran teknologi dan startup terbesar, Advanced Technology Research Council (ATRC) meluncurkan model Super Formula Dallara SF23 di Gitex Global 2023 menjelang balapan otonom pertama di trek F1 Abu Dhabi pada April 2024.

“Mobil Super Formula Dallara telah diadaptasi dengan sistem otonomi, yang memungkinkan kendaraan memahami lingkungannya dan balapan secara mandiri di Sirkuit Yas Marina Abu Dhabi," kata Tom McCarthy, Direktur Eksekutif ASPIRE, cabang transisi teknologi ATRC, Senin (16/10/2023).

Pertama di kawasan ini, Abu Dhabi Autonomous Racing League (A2RL) mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI), teknologi otonom, dan olahraga ekstrem untuk mendorong batasan mobilitas masa depan.

Acara ini disorot sebagai liga balap otonom terbesar di dunia, menampilkan balapan mobil otonom, balapan drone, dan balapan dune buggy, sekaligus menandai tonggak penting bagi Abu Dhabi dan UEA secara lebih luas, menyiapkan panggung bagi inovasi disruptif dalam mobilitas melalui olahraga ekstrem.

“Di persimpangan ilmu pengetahuan, olahraga, dan teknologi, sistem otonom dirancang untuk merevolusi masa depan transportasi," kata Faisal Al Bannai, Sekretaris Jenderal ATRC, entitas induk Aspire.

Liga Balap Otonomi Abu Dhabi, A2RL, berdiri sebagai bukti meningkatnya reputasi Abu Dhabi sebagai pusat penelitian dan pengembangan (R&D) internasional dan tempat uji coba utama untuk menguji coba solusi otonom yang sudah terbukti konsepnya.

Dengan mempertemukan ilmuwan, pengembang, dan ahli coding dari seluruh dunia dalam arena olahraga ekstrem, kami secara aktif menguji kemampuan di arena pacuan kuda, demi keselamatan di jalan raya.

Adu kencang kendaraan otonom yang akan menjadi debut perdana Super Formula Dallara SF23 dijadwalkan pada 28 April 2024, di Sirkuit Yas Marina Abu Dhabi. Sepuluh tim elit dari universitas dan lembaga penelitian internasional telah mengkonfirmasi partisipasi mereka untuk memperebutkan hadiah US$2,25 juta.

Masing-masing tim yang berpartisipasi akan memiliki akses eksklusif ke mobil Super Formula Dallara SF23 yang telah diotonomisasi untuk A2RL. Mereka akan diberi kesempatan mengadaptasi algoritma perangkat lunak mereka pada kendaraan ini untuk memenangkan kompetisi.

Mobil Super Formula Dallara SF23 ini dibuat dari bahan bio-komposit berkelanjutan, berbobot 690 kg, dan saat ini menjadi mobil balap roda terbuka tercepat di dunia, setelah Formula 1, yakni mencapai kecepatan maksimum 300 km/jam.

Ia menawarkan kemampuan pengereman tingkat mutakhir, tumpukan otonom yang dibuat khusus, serta kontrol throttle drive-by-wire. 

Pengunjung Gitex Global dapat melihat sekilas model otonom di stan Advanced Technology Research Council (ATRC) - B10 di Hall 17 di Dubai World Trade Center, 16-20 Oktober.  (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper