Smartfren (FREN) Bidik Lelang 700 MHz dan 26 GHz

Crysania Suhartanto
Rabu, 4 Oktober 2023 | 06:05 WIB
Karyawan melayani pengunjung gerai Smartfren di Jakarta, Rabu (7/9/2022).Bisnis/Abdurachman
Karyawan melayani pengunjung gerai Smartfren di Jakarta, Rabu (7/9/2022).Bisnis/Abdurachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) menyatakan minatnya untuk ikut serta dalam lelang spektrum frekuensi 700 MHz dan 26 GHz.

Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys mengatakan pihaknya memang masih mengkaji ketentuan lelang yang tercantum dalam Rancangan Peraturan Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Namun, Merza dengan tegas menyatakan minatnya untuk ikut serta dalam lelang.

“Ya pasti berminat dong,” ujar Merza kepada Bisnis, Rabu (4/10/2023).

Berdasarkan catatan Bisnis (9/3/2023), Smartfren menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebanyak Rp2,98 triliun pada 2023. Adapun 50 persen atau Rp1,49 triliun di antaranya akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur base transceiver station (BTS). 

Namun dari sisa anggaran tersebut, Smartfren masih belum memberitahukan persentase sisa anggaran yang akan digunakan untuk lelang spektrum.

Akan tetapi, Smartfren pernah merasa ragu akan dapat memperoleh spektrum tambahan jika memang dibagikan dengan skema lelang. Menurut Merza, hal ini didasari persaingan bisnis yang begitu ketat pada saat ini.

“Kalau model seleksi selalu lelang, maka yang kuat akan selalu dapat,” ujar Merza, pada Kamis (24/8/2023).

Sebagai informasi, Smartfren membukukan pendapatan sebesar Rp143 miliar hingga akhir semester I/2023. Dengan demikian, angka ini pun turun dari tahun sebelumnya hingga 52,4 persen yang sebesar Rp302 miliar. 

Selain itu, Smartfren juga masih rugi hingga Rp543 miliar pada semester ini dengan utang (liabilitas) hingga Rp30,6 triliun. Lebih lanjut, saat ini saldo kas Smartfren juga masih defisit sekitar Rp25 triliun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper