XL Axiata (EXCL) dan Smartfren (FREN) Berharap Frekuensi 700 MHz untuk Seluruh Teknologi

Crysania Suhartanto
Rabu, 6 September 2023 | 13:00 WIB
Teknisi melakukan pengecekan pada salah satu base transceiver station (BTS) di Jakarta, Senin (27/1/2020). Bisnis/Arief Hermawan P
Teknisi melakukan pengecekan pada salah satu base transceiver station (BTS) di Jakarta, Senin (27/1/2020). Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) dan PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) menunggu arahan dan ketentuan resmi pemerintah terkait jaringan yang diperbolehkan untuk frekuensi spektrum 700 MHz.

Keduanya berharap agar pemanfaatan spektrum tersebut tidak terbatas pada 5G, namun untuk seluruh teknologi. 

Sebelumnya, meski Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyampaikan bahwa spekturm frekuensi 700 MHz untuk seluruh teknologi, namun sempat beredar kabar bahwa spektrum 700 MHz diharapkan untuk teknologi 5G saja.

Pemanfaatan spektrum 700 MHz untuk jaringan 5G saja sedikit bersinggungan dengan regulasi teknologi netral yang terbit pada 2014. Regulasi tersebut menyerahkan pemanfaatan spektrum kepada operator, untuk pemanfaatan teknologi baik 2G, 4G maupun 5G. 

Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys berharap agar regulasi teknologi netral tersebut masih tetap diterapkan hingga saat ini. 

“Jadi kami masih berharap policy ini tetap diterapkan saat ini dan juga mendatang,” ujar Merza kepada Bisnis, Selasa (5/9/2023).

Sementara itu,Head of External Communication XL Axiata Henry Wijayanto juga mengatakan pihaknya akan mengikuti arahan dan ketentuan dari pemerintah. 

“XL Axiata akan mengikuti arahan dan ketentuan dari pemerintah,” ujar Henry.

Sebagai informasi, Smartfren dan XL Axiata mengatakan kompak berencana terlibat dalam lelang spektrum frekuensi 700 MHz. Namun memang, keduanya masih belum menjabarkan spektrum tersebut akan gunakan untuk apa.

Sementara, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) ingin agar 700 MHz bersih dari siaran analog. Kemudian PT Indosat Tbk. (ISAT) masih mengkaji potensi keikutsertaan dalam lelang 700 MHz.

Di sisi lain, sebenarnya Kemenkominfo mengatakan spektrum frekuensi 700 MHz sudah bersih dari televisi-televisi analog dan sudah siap digunakan.

Kendati demikian, Direktur Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong mengatakan pelelangan spektrum ini masih harus dikaji lebih lanjut. Adapun kajian tersebut termasuk skema dan regulasi pelelangan.

Namun, Usman mengatakan pelelangan ini akan dilakukan sebelum akhir tahun. “Saya kira lebih cepat ya (sebelum akhir tahun), karena sudah full semua TV bermigrasi ke digital. Jadi sebetulnya frekuensi sudah tersedia,” ujar Usman pada Bisnis.

Spektrum frekuensi atau dikenal dengan spektrum frekuensi radio adalah susunan pita frekuensi radio yang mempunyai frekuensi lebih kecil dari 3000 GHz.

Bagi operator seluler, spektrum frekuensi ibarat jalur. Artinya, makin lebar spektrum frekuensi yang dioperasikan operator seluler, maka makin banyak jumlah kendaraan atau pengguna ponsel atau trafik data yang dapat ditampung oleh operator seluler tersebut.  

Tidak hanya itu, makin lebar spektrum frekuensi yang dimiliki maka laju trafik data di spektrum tersebut juga akan makin lancar, yang menyebabkan layanan yang diterima masyarakat makin cepat.  

Spektrum frekuensi yang lebar juga dapat digunakan untuk mendukung implementasi teknologi baru seperti 5G, yang kabarnya mampu memberikan kecepatan internet hingga 10x lebih tinggi dari 4G

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper