Xiaomi Raih Kinerja Positif II/2023, POCO F Series Cetak Rekor Baru

Crysania Suhartanto
Selasa, 5 September 2023 | 18:15 WIB
Redmi 12/dok. Xiaomi
Redmi 12/dok. Xiaomi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan smartphone asal China, Xiaomi, mengungkapkan bahwa perusahaan mencetak pertumbuhan gemilang pada kuartal II/2023 dengan POCO Series hadir sebagai produk yang paling diminati dan mencetak rekor baru.

Country Director Xiaomi Indonesia Wentao Zhao mengakui 2023 merupakan tahun yang menantang bagi industri smartphone, tetapi Xiaomi tetap torehkan kinerja positif.

Zhao mengatakan optimisme tersebut didasari oleh laporan keuangan Xiaomi pada kuartal II/2023 yang cenderung memperoleh keuntungan. 

Dikutip dari laporan keuangan Xiaomi, pendapatan Xiaomi dari industri smartphone masih berada di angka 36,6 miliar RMB atau sekitar Rp76,5 triliun (kurs: Rp2.091,03) naik 4,6 persen dari kuartal sebelumnya. 

Pendapatan dari lini smartphone inipun menyumbang lebih dari setengah pendapatan dari perusahaan induk Xiaomi.

Pangsa pasar yang secara global Xiaomi juga cenderung mengalami kenaikan hingga 12,9 persen pada kuartal II/2023. 

Hal ini tak terlepas dari Xiaomi yang tengah menghadirkan smartphone dari lini entry-level hingga mid-range dan rangkaian tablet yang disambut positif oleh masyarakat. 

Lebih lanjut, POCO F Series yang diluncurkan pada tengah tahun ini juga memecahkan rekor penjualan perdana perusahaan induk Xiaomi secara daring. Beberapa ponsel entry-level seperti Redmi 12 dan Redmi 12C juga sangat diminati yang tercermin dari angka penjualannya.

“Kami selalu berupaya mencapai hasil terbaik dalam bisnis kami dan berkelanjutan dalam melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami,” ujar Zhao kepada Bisnis, Selasa (5/9/2023).

Lebih lanjut, Zhao melihat industri smartphone masih berkembang secara dinamis dan sangat kompetitif. Oleh karena itu, Zhao juga meminta adanya persaingan yang sehat dalam industri ini, sehingga perusahaan smartphone dapat terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Sebelumnya, laporan dari Counterpoint Research mengatakan jumlah smartphone merek global yang masuk ke Indonesia mengalami penurunan 10 persen secara tahunan di kuartal II/2023. 

Adapun untuk Xiaomi sendiri, dikabarkan sedang mengalami penurunan shipping ke Jakarta sebesar 12 persen. Kabar tersebut dibantah oleh Xiaomi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper