Google Message Android 14 Bakal Dilengkapi Fitur Pesan Darurat Lewat Satelit

Afiffah Rahmah Nurdifa
Sabtu, 19 Agustus 2023 | 13:55 WIB
Situs Google menampilkan doodle bertema HUT ke-76 Republik Indonesia
Situs Google menampilkan doodle bertema HUT ke-76 Republik Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Google Message tengah mengembangkan fitur konektivitas berbasis satelit untuk mengirimkan pesan darurat yang akan hadir pada pembaruan Android 14.  

Dilansir AndroidPolice, Sabtu (19/8/2023) saat ini Google berupaya menambahkan potongan UI baru di aplikasi pesannya itu yang dimaksudkan untuk percakapan SOS darurat berbasis satelit.

Meskipun itu masih bukan fitur yang diaktifkan secara default, Google telah meletakkan dasar dari perangkat lunak tersebut. Adapun, fitur baru dari aplikasi Google Message ini ditemukan oleh akun pengguna @neil_rahmouni di X (Twitter). 

Dia memamerkan tampilan UI pada Google Message pada perangkat Android 14. Secara keseluruhan, percakapan terlihat mirip dengan utas pesan teks biasa yang biasa digunakan. Tetapi di kotak entri teks, ditentukan bahwa pengguna akan mengirim 'Pesan satelit'. 

Tampaknya juga ada kalkulasi teks di sebelah kanan, yang menunjukkan berapa banyak karakter yang dapat diketik per pesan. Dalam tangkapan layar yang dibagikan akun tersebut, kalkulasi teks tersebut tampak masih rusak, karena menunjukkan '-1'. 

Namun, pesan berbasis satelit ini diduga akan menawarkan lebih sedikit karakter dibandingkan dengan SMS. Kendati demikian, berdasarkan interface yang ditemukan, sepertinya pengguna tetap dapat mengetik teks apapun saat berkomunikasi dengan layanan darurat tersebut.

Dapat dipahami bahwa UI yang dibagikan itu masih belum selesai. Laporan AndroidPolice meyakini UI Google Messages akan lebih canggih dibandingkan dengan fitur darurat SOS yang dirilis Apple pada iPhone 14. 

Google Message akan membatasi pada beberapa pesan yang telah ditentukan sebelumnya, memungkinkan penggunanya menentukan jenis keadaan darurat yang dialami (masalah mobil, cedera atau sakit, kejahatan, tersesat atau terjebak, kebakaran). 

Hal ini dilakukan dengan berbagai pertanyaan lanjutan untuk pengguna untuk mengisi tergantung pada apa yang dipilih. Hanya dengan begitu pengguna dapat membalas pesan darurat dengan detail tindak lanjut lebih lanjut.

Di sisi lain, akun X @MishaalRahman menggali beberapa informasi lebih lanjut tentang konektivitas satelit di Android 14. Ketika mencoba melakukan panggilan telepon darurat tanpa koneksi, muncul aplikasi dialer yang menyarankan pengguna untuk beralih ke perpesanan satelit.

"API komunikasi satelit memang masuk ke Android 14, meskipun semuanya ditandai sebagai 'sembunyikan' sehingga tidak tersedia untuk aplikasi pihak ketiga. Akan ada 'mode demo' layanan satelit. Datagram yang didukung termasuk pesan SOS dan berbagi lokasi," cuitannya. 

Meskipun dimungkinkan perlunya perangkat keras baru untuk meningkatkan konektivitas satelit secara maksimal, Google dan pabrikan lain dinilai dapat meningkatkan perangkat lunak modem mereka yang ada dengan dukungan. 

Google mengerjakan panggilan darurat satelit perdana sebagai upaya  menyarankan bahwa konsumen akan melihat fungsi ini pada ponsel Pixel lebih cepat dari yang dikira. Sementara itu, pengguna harus menggunakan solusi sementara seperti dongle Bluetooth satelit Defy Motorola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper