Google Siapkan Tool AI di Kolom Pencarian, Nggak Perlu Lama Scroll Lagi

Redaksi
Kamis, 17 Agustus 2023 | 18:00 WIB
Logo Google./Bloomberg-Ore Huiying
Logo Google./Bloomberg-Ore Huiying
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Google meluncurkan alat (tool) baru untuk aplikasi pencariannya di Android dan iOS. Alat yang didukung teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) ini nantinya akan membantu pengguna merangkum poin-poin penting dari artikel yang ditelusurinya.

Dikabarkan pertama kali oleh Google pada blog resminya, Selasa (15/8/2023), alat baru ini merupakan bagian dari fitur Search Generative Experience (SGE) yang diperkenalkan Google pada Maret lalu.

Berbeda dengan chatbot AI Google, Bard, fitur SGE akan merespons pencarian pengguna dengan menampilkan sedikit bagian dari salah satu artikel yang dinilai paling relevan dan menyoroti sejumlah kata dan kalimat yang dianggap penting.

Kemudian dengan alat barunya yang didorong teknologi AI, Google membantu pengguna lebih baik lagi dengan rangkuman poin penting atas pencarian yang dilakukannya.

Dengan alat baru ini, pengguna tidak perlu menelusuri hasil pencarian terlalu lama untuk mendapatkan informasi yang diinginkannya.

Tujuan dari alat baru SGE adalah untuk membantu pengguna terlibat dengan artikel panjang secara lebih efektif dengan rangkuman yang disajikannya. Hal ini akan membantu pengguna dalam memahami topik baru.

Namun, Google mengatakan alat ini tidak dapat digunakan pada artikel berbayar.

Selain itu, poin-poin penting yang dihasilkan akan menyertakan tautan yang mengarah langsung ke sumber informasi yang digunakan. Ini akan membantu pengguna memeriksa fakta dan memperoleh informasi tambahan tentang masalah tersebut.

Alat ini juga membantu pengguna menjawab pertanyaan tertentu dengan mengekstraksi jawaban dari artikel.

Meski memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkannya, alat ini mungkin akan membuat pengguna tidak membaca keseluruhan artikel dan menghimpun informasi yang kurang lengkap dan tepat.

Untuk sementara, alat ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris dan hanya untuk pengguna tertentu di AS. Google belum memberikan keterangan waktu untuk peluncuran global.

Di samping itu, Google juga membuat beberapa perbaikan lain untuk SGE. Pada hasil SGE untuk pencarian bertopik sains, ekonomi, dan sejarah, Google akan menyarankan pengguna untuk mengarahkan kursor ke kata-kata tertentu untuk mendapatkan definisi atau diagram tentang suatu topik yang berkaitan. (Lydia Tesaloni Mangunsong)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper