Elon Musk Tebar Honor ke Pengguna Twitter (X), Ada yang Dapat Rp223 juta!

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 9 Agustus 2023 | 10:44 WIB
Elon Musk/Reuters
Elon Musk/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - X, platform media sosial milik taipan Elon Musk, mulai menebar honor kepada para pengguna centang biru. Salah satu pegguna bahkan mendapat US$15.339 atau sekitar Rp223 juta (kurs: Rp15.201). 

Angka tersebut diketahui dari akun bernama @EdKrassen. Dalam unggahannya Krassen mengatakan bahwa satu bulan lagi dirinya mendapat pembayaran dari Twitter/X, sebagai bagi hasil iklan dan lainnya. 

“Siapa yang mengira Anda bisa menghasilkan uang sebanyak ini hanya dengan memposting tentang berita dan pendapat Anda di media sosial?” tulis Krassen dalam akunnya, dikutip Rabu (9/8/2023). 

Krassen juga menulis, seharusnya honor yang diberikan Twitter/X dapat meyakinkan jurnalis dan influencer untuk mencoba X. 

Dia meminta para pengguna X, khususnya jurnalis, untuk membayangkan bahwa sewaktu-waktu mereka mendapat bayaran untuk setiap cerita yang mereka tulis. 

“Saya tidak tahu apakah itu hal yang baik atau buruk. Ini mungkin mengarah pada clickbait yang dimaksimalkan, atau mungkin mengarah pada jurnalisme yang lebih jujur. Kemungkinan besar keduanya,” tulis Krassen. 

Selain Krassen, akun @afrkml juga mendapat honor Twitter/X. Nilainya tidak seberapa jika dibandingkan dengan Krassen. Hal tersebut disebabkan @afrkml sempat menghapus Twitter birunya. 

“Agak nyesel waktu itu berhenti subs Twitter Blue, tetapi tidak apa-apa,Ini backdated dari Februari soalnya. Jadi kalau sudah Blue sejak Februari mah bisa dapat puluhan juta,” tulis @afrkml. 

Sebelumnya terdengar kabar bahwa X bagi hasil pendapatan iklan kepada pengguna centang biru bakal terlambat. Hal ini disampaikan manajemen X pada akun resminya X Support pada Sabtu, (5/8/2023) lalu.

“Jumlah orang yang mendaftar untuk bagi hasil iklan melebihi ekspektasi kami. Kami membutuhkan lebih banyak waktu meninjau semuanya untuk pembayaran berikutnya dan memastikan agar semua akun yang memenuhi syarat dibayar sesegera mungkin,” Demikian tertulis dalam unggahan X.

X telah mengumumkan akan membagi hasil pemasukan dari iklan dengan pengguna yang memenuhi tiga syarat, yakni berlangganan Twitter Blue atau Verified Organization, memiliki minimal 5 juta tayangan pada unggahan dalam 3 bulan terakhir, dan lulus human review.

Namun, X tidak menjelaskan lebih lanjut terkait perhitungan jumlah uang yang berhak diterima pengguna. Hanya disebutkan pengguna dapat menerima bagian mereka pada akhir bulan, sebagaimana dikabarkan pada situs resminya bahwa seluruh pengguna yang memenuhi syarat akan menerima hasil iklan bulan Juli kem

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper