GOTO Resmi Luncurkan Aplikasi Gopay, Ini Sederet Fiturnya

Lydia Tesaloni Mangunsong
Rabu, 26 Juli 2023 | 13:20 WIB
Warga berbelanja secara daring menggunakan e-commerce Tokopedia di Jakarta, Minggu (17/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Warga berbelanja secara daring menggunakan e-commerce Tokopedia di Jakarta, Minggu (17/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) meluncurkan aplikasi GoPay yang terpisah dari aplikasi Gojek dan Tokopedia pada Rabu (26/7/2023).

CEO GOTO Group, Patrick Walujo, mengatakan pengembangan aplikasi Gopay dilakukan untuk mencapai misi perusahaan menyajikan GoPay untuk seluruh lapisan masyarakat.

Sebelumnya, layanan GoPay hanya dapat diakses melalui aplikasi Gojek dan Tokopedia. Dengan aplikasi terpisah, pengguna tidak harus memiliki dua aplikasi tersebut untuk menggunakan layanan bayar GoPay.

Patrick mengatakan Gopay adalah digital wallet karya anak bangsa dan digital wallet terbesar di Indonesia. Dia menjelaskan, pengembangan aplikasi Gopay merupakan bagian utama strategi GOTO untuk memberikan layanan keuangan digital terpadu dan juga merupakan bagian dari inklusi keuangan di Indonesia.

"Aplikasi Gopay dibuat untuk bisa merambah masyarakat Indonesia lebih luas, khususnya untuk mereka yang belum menjadi pengguna Gojek dan Tokopedia. Kami berharap peluncuran aplikasi ini menjadi langkah awal bagi masyarakat untuk menjadi pelanggan Gojek dan Tokopedia," kata Patrick dalam acara peluncuran aplikasi Gopay di Jakarta, Rabu (26/7/2023).

President of Financial Techonology GOTO, Hans Patuwo mengatakan bahwa GoPay memiliki visi untuk menjadi solusi yang mudah dan tepat untuk membantu masyarakat yang belum memiliki rekening bank.

“Jumlah pelanggan kami sekitar 70 juta pada tahun 2022, dibandingkan seluruh penduduk Indonesia 270 juta. Berarti masih ada kesempatan bagi kami melayani penduduk Indonesia yang lebih,” ungkap Presiden Financial Technology GoTo Group Hans Patuwo di konferensi pers peluncuran aplikasi GoPay, Rabu (26/7/2023).

Selain itu, Hans mengatakan bahwa GOTO ingin mendorong inklusivitas keuangan di Indonesia. Untuk mendukung visi tersebut, GOTO  menghadirkan layanan GoPay di aplikasi terpisah agar pengguna yang tidak memiliki aplikasi Gojek dan Tokopedia juga dapat menikmati fitur-fitur yang disediakan GoPay.

Berikut daftar fitur yang tersedia di aplikasi Gopay:

1. Pencatatan keuangan otomatis

Di aplikasi GoPay, terdapat fitur expanse tracking yang dapat membantu pengguna memantau pengeluaran dan pemasukan saldo GoPay. Seluruh transaksi, meski yang dilakukan di aplikasi Gojek dan Tokopedia, akan otomatis tercatat.

Untuk mencapai inklusivitas keuangan dan terlebih juga financial intelligence untuk masyarakat, Hans melihat masyarakat perlu terlebih dahulu unggul men

2. Ukuran ringan

Hans menjelaskan bahwa meskipun tingkat penetrasi ponsel cerdas di Indonesia tinggi, nyatanya tiap-tiap perangkat memiliki spesifikasi yang berbeda. Untuk memastikan seluruh masyarakat dapat mengunduh aplikasi di perangkatnya, aplikasi GoPay didesain ringan dengan ukuran di bawah 25MB sehingga tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan.

“GoPay App ukurannya ringan, aplikasinya light. Jauh lebih light dibanding aplikasi-aplikasi lain di GoTo Group maupun di luar,” jelas Hans.

Hans juga mengklaim masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan pulsa dan paket internet ketika menggunakan aplikasi GoPay, sebab didesain lebih hemat.

3. Gratis transfer saldo ke mana saja

Di aplikasi GoPay, layanan transaksi meningkat dengan layanan transfer ke rekening bank yang sebelumnya tidak bisa dilakukan melalui aplikasi Gojek dan Tokopedia.

Untuk saat ini, GoPay memastikan transaksi ke rekening bank tidak dikenakan biaya hingga transaksi ke-100 pada satu bulan. Namun, Hans belum bisa memastikan apakah transaksi gratis 100x sebulan ini akan bertahan sampai seterusnya atau tidak.

Di luar itu, layanan ini membuat GoPay lebih unggul dibanding sejumlah dompet digital lain, seperti OVO yang mengenakan biaya admin sebesar Rp2.500 untuk seluruh transaksi ke rekening bank, dan DANA yang menyediakan layanan gratis 50x transaksi sebulan.

4. Transaksi kebutuhan sehari-hari dengan harga spesial

Pengguna dapat membayar kebutuhan sehari-hari seperti pulsa, paket internet, dan listrik melalui aplikasi GoPay, sama seperti layanan di aplikasi Gojek dan Tokopedia. Namun, Hans memastikan pengguna akan menerima harga spesial di aplikasi terpisah.

GoPay bekerja sama dengan sekitar 1.500 dealers, sehingga pengguna dapat menggunakan aplikasi GoPay untuk berbagai macam kebutuhan harian.
“Jadi istilahnya, apapun yang dibutuhkan mengenai keuangan bisa dilakukan di GoPay App,” kata Hans.

5. Keamanan berlapis

GoPay menjanjikan keamanan kepada pengguna aplikasi tanpa melalui langkah-langkah yang rumit.

Pada layar depan aplikasi, pengguna akan selalu melihat tingkat keamanan aplikasinya dan dapat dengan mudah memenuhi tingkat keamanan tertinggi dengan melalui lima langkah, yakni verifikasi nomor HP, aktivasi pin, aktivasi biometric, verifikasi email, dan upgrade GoPay Plus.

Dengan berbagai keunggulannya itu, aplikasi GoPay dapat digunakan untuk pembayaran dan menjadi teknologi finansial yang membantu masyarakat.

Sebagaimana visinya adalah mewujudkan inklusivitas keuangan untuk masyarakat Indonesia, GoTo Group belum berencana memperluas pasar aplikasi GoPay ke luar negeri. Menurut Hans, masih banyak potensi di Indonesia yang bisa digarap.

6. QRIS

Aplikasi Gopay juga menyediakan fitur transaksi non-tunai di berbagai merchant dengan menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). 

Dengan menggunakan GoPay untuk membayar QRIS, pengguna dapat mengakses berbagai promo dan diskon khusus yang ditawarkan oleh GoPay dan merchant mitra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper