Threads Punya 93 Juta Pengguna Aktif Mingguan, Seperlima dari Pengguna Twitter

Rahmad Fauzan
Selasa, 18 Juli 2023 | 15:58 WIB
Ilustrasi aplikasi Threads dan logo Twitter/Reuters
Ilustrasi aplikasi Threads dan logo Twitter/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Aplikasi anyar Meta, Threads, berhasil mencuri perhatian seluruh dunia terbukti dengan jumlah pengunduh yang mencapai 150 juta kali dalam waktu sepekan sejak pertama kali diluncurkan.

Tidak hanya itu, dilansir dari Neowin, aplikasi karya Mark Zuckerberg itu juga tercatat memiliki 93 juta pengguna aktif mingguan secara global hanya dalam pekan pertama sejak diluncurkan. 

Neowin menyebutkan sebuah firma data riset Data.ai, mencatat jumlah pengguna aktif Threads saat ini setara dengan seperlima dari total pengguna Twitter milik miliader Elon Musk

Adapun, pengunduhan aplikasi Threads paling banyak berlokasi di India sebanyak 33 persen, Brazil 22 persen, Amerika Serikat (AS) 16 persen, Mexico 8 persen, Japan 5 persen.

 Sementara itu, Threads tidak tersedia di Uni Eropa (UE) terkait dengan masalah keamanan privasi dan sedang menunggu aturan persetujuan untuk dilakukan peluncuran.

 Baru-baru ini, Meta sebagai induk perusahaan dilaporkan mencoba menghentikan pengguna di UE menggunakan aplikasi tersebut melalui VPN.

10 Juta Dalam 7 Jam 

Threads memang dapat dibilang sebagai aplikasi yang fenomenal. Lebih dari 10 juta pengguna telah mendaftar ke aplikasi ini pada 7 jam pertama sejak peluncurannya pada Kamis (6/7/2023). 

CEO Meta Mark Zuckerberg mengisyaratkan bahwa pencapaian tersebut sebagai sebagai bukti bahwa Threads unggul dibandingkan dengan platform-plaltform alternatif lain seperti Twitter.

Kendati mengaku tidak berniat menjadikan Threads saingan Twitter, Zuckerberg berambisi untuk membawa Threads ke khalayak yang lebih luas.

Melalui akun pribadinya di aplikasi yang digadang-gadang mampu mengalahkan Twitter milik Elon Musk itu, Zuckerberg membagikan misinya mencapai 1 miliar pengguna di Threads. 

"Ini akan memakan waktu, tetapi saya pikir harus ada aplikasi percakapan publik dengan 1 miliar lebih orang di dalamnya. Twitter memiliki kesempatan untuk melakukan itu, tetapi belum berhasil. Mudah-mudahan kami akan mencapainya." Demikian tulis Zuckerberg.

Jumlah pengguna Threads yang dirilis kurang dari 24 jam itu menjadikannya aplikasi alternatif Twitter yang paling unggul, jika dibandingkan dengan Mastodon dan Bluesky yang menurut The New York Times, Kamis (6/7/2023), yang hingga saat peluncuran Threads yang masih belum melampaui jumlah pengguna satu digit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper