Whatsapp Rilis Fitur-Fitur Baru di 2023, Ini Daftarnya

Lydia Tesaloni Mangunsong
Senin, 17 Juli 2023 | 13:40 WIB
Ilustrasi fitur WhatsApp terbaru/Freepik
Ilustrasi fitur WhatsApp terbaru/Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – WhatsApp menjadi layanan perpesanan instan yang populer beberapa tahun ini. Perusahaan tak henti menjadikan aplikasi ini nomor satu di bidangnya, dengan membenahi sejumlah keluhan dan menambahkan fitur baru.

Baru-baru ini, WhatsApp merilis versi beta baru dari aplikasi untuk pengguna Android, yaitu versi 2.23.15.11.

Salah satu fitur utama yang telah diuji oleh WhatsApp adalah Channel. Fitur ini memungkinkan individu dan organisasi mengirimkan update penting kepada pelanggan (subscriber) mereka. Admin dapat mengirim teks, foto, video, stiker, dan jajak pendapat di Channel.

Sementara ini, fitur Channel saat ini sedang diuji di Kolombia dan Singapura saja. Namun, WhatsApp berencana untuk memperluasnya ke negara lain.

Sama halnya dengan media sosial lain, pengguna Channel tidak dapat menarik pelanggan mereka. Pelanggan harus berinisiatif berlangganan atau mensubscribe sebuah channel. Nantinya, fitur Channel akan berada di kolom yang sama dengan Status.

Selain Channel yang digadang-gadang merupakan unggulan para pengembang, WhatsApp juga menghadirkan sejumlah fitur baru di sepanjang tahun ini.

Melansir dari Gizchina, Senin (17/7/2023), berikut adalah fitur-fitur baru WhatsApp di 2023:

1. Edit pesan

Salah satu fitur baru WhatsApp di tahun 2023 yang digemari pengguna adalah edit pesan. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu mengirimkan ulang pesan jika ingin meralatnya. Pengguna cukup menekan lama pesan tersebut, lalu menekan simbol tiga titik di sebelah kanan atas dan memilih edit.

2. Multiperangkat

Pengguna kini dapat menggunakan akun WhatsApp di hingga empat perangkat berbeda secara bersamaan, tanpa harus tetap menghubungkan ponsel Anda ke internet. Ini menjadi kabar baik untuk pengguna yang ingin menggunakan WhatsApp di laptop atau tablet, atau untuk pengguna yang memiliki banyak ponsel.

3. Mengirim gambar berkualitas tinggi

Sebelumnya, WhatsApp tidak memungkinkan pengguna mengirimkan gambar dengan kualitas yang tinggi. Kualitas gambar akan automatis berubah saat dikirimkan melalui chat WhatsApp. Namun, kini pengguna dapat membagikan gambar dalam kualitas aslinya, tanpa harus mengompres gambar terlebih dahulu.

4. Mengirim media hingga 100

Pengguna sebelumnya hanya dapat mengirim maksimal gambar dan video. Kini, pengguna dapat mengirim hingga 100 gambar dan video dalam satu waktu. Hal ini memudahkan pengguna dalam mengirimkan media berjumlah banyak yang mesti dikirim secara cepat.

5. Membuat polling

Fitur polling sebelumnya terkenal berada di Line dan Instagram. Pada versi terbarunya, WhatsApp menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna membuka polling dan memberikan vote untuk polling tersebut. Fitur ini dapat digunakan di obrolan grup.

6. Voice Status

Setelah fitur status yang mirip dengan Instagram Story dirilis beberapa tahun lalu, WhatsApp memperbarui fitur tersebut dengan menambahkan voice status. Voice status pada dasarnya seperti pesan suara voice notes pada kolom pesan, bedanya suara yang direkam akan dibagikan di status. Fitur ini memungkinkan pengguna merekam suara hingga 30 detik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper