Anti Ribet, History Chat WhatsApp Bisa Ditransfer Antar HP

Lydia Tesaloni Mangunsong
Rabu, 5 Juli 2023 | 20:25 WIB
Ilustrasi fitur WhatsApp terbaru/Freepik
Ilustrasi fitur WhatsApp terbaru/Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – WhatsApp kini memudahkan proses pemindahan data antar perangkat. Dengan fitur terbaru, pengguna dapat memindahkan data dengan memindai kode QR dari perangkat lama menggunakan perangkat baru.

Transfer data dari perangkat lama termasuk history chat dan file media. Namun, transfer hanya bisa dilakukan oleh dua perangkat dengan sistem operasi yang sama. Artinya, perangkat Android tidak bisa melakukan transfer ke perangkat iOS dan sebaliknya.

Pemindaian kode QR akan membuat dua perangkat terkoneksi langsung dan membuka jalur transfer. Keamanan data selama proses transfer berlangsung dijamin oleh WhatsApp, sebab transfer hanya terjadi antara dua perangkat.

Namun untuk memberikan lapisan perlindungan ekstra, pengguna bisa melakukan enkripsi penuh selama proses transfer berlangsung.

Melansir Gizchina, Rabu (5/7/2023), juru bicara WhatsApp, Ellie Heatrick, menjelaskan bahwa transfer terjadi selama proses set up (persiapan). Setelah proses transfer selesai dilakukan dari perangkat lama ke perangkat baru, akun WhatsApp akan otomatis keluar dari perangkat lama.

Transfer data bisa dilakukan dengan membuka pengaturan pada WhatsApp di perangkat lama, memilih opsi obrolan, lalu pilih transfer obrolan. Kemudian pada perangkat baru, pengguna bisa langsung melakukan pindaian.

Sebelumnya, pengguna dapat melakukan transfer data WhatsApp melalui perangkat ketiga, yakni Cloud. Metode ini, selain lebih rumit dan memakan waktu banyak, terbatas oleh kapasitas Cloud. Jika kapasitas data lebih besar dari kapasitas Cloud yang tersedia, pengguna perlu mengurangi data atau transfer tidak bisa dilakukan.

Pada situs resmi WABetaInfo juga dilaporkan bahwa WhatsApp telah meluncurkan fitur baru tersebut ke sejumlah tester. Dalam beberapa hari mendatang, fitur tersebut akan tersedia bagi pengguna umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper