Bakal Dilantik Jokowi, Ini Sederet PR Menkominfo Baru Merujuk Renstra 2020-2024

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 17 Juli 2023 | 08:18 WIB
Presiden Jokowi memberikan sambutan di depan Menteri Luar Negeri Asean dan negara mitra, dalam rangkaian acara Post Ministerial Meeting (PMC) 2023 di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada Jumat (14/7/2023)/ Galeri Asean.
Presiden Jokowi memberikan sambutan di depan Menteri Luar Negeri Asean dan negara mitra, dalam rangkaian acara Post Ministerial Meeting (PMC) 2023 di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada Jumat (14/7/2023)/ Galeri Asean.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Presiden Joko Widodo diketahui akan melakukan perombakan (reshuffle) kabinet hari ini, Senin (17/7/2023) di Istana Negara, Jakarta.

Terdapat sejumlah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh menteri-menteri baru yang diangkat oleh presiden, termasuk pekerjaan rumah bagi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang baru.

Pekerjaan rumah tersebut perlu diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat, mengingat Menkominfo dan Wamenkominfo dilantik di tengah perjalanan kepemimpinan Jokowi.  

Merujuk pada Rencana Strategis Kemenkominfo (2020-2024) pada tahun ini rencananya jumlah base transceiver station (BTS) 4G telah menjangkau 9.113 desa yang belum mendapat akses internet di daerah tertinggal, terdepan dan terluar.

Ini merupakan pekerjaan rumah cukup berat bagi Menkominfo baru mengingat realisasi dari rencana tersebut masih kecil. 

Selain itu, Kemenkominfo juga memiliki target tahun ini untuk meningkatkan utilisasi dari sistem komunikasi kabel bawah laut (SKKL) Palapa Ring hingga 50 persen di seluruh ruas Palapa Ring mulai dari Paring Barat, Tengah dan Timur, dengan standar level agreement (SLA) 95%. 

Palapa Ring yang menghabiskan biaya hingga Rp7,63 triliun ini merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN). 

Dalam Renstra 2020-2024, Kemenkominfo juga menargetkan untuk membangun 75% persen infrastruktur telekomunikasi di IKN dengan jaringan 5G. Adapun ketersediaan 5G Indonesia saat ini masih yang terendah dibandingkan dengan negara-negara penggelar 5G di seluruh dunia. Tingkat ketersediaan 5G Indonesia hanya 0,9 persen menurut laporan Opensignal. 

Untuk pangkalan data atau data center, Kemenkominfo menargetkan melayani 30 persen instansi pemerintah dengan pusat data nasional pada 2023 dan meningkat menjadi 75 persen pada 2024. 

Kemenkominfo juga menaruh perhatian pada literasi digital. Rencananya total Kemenkominfo akan melakukan literasi digital kepada 50 juta masyarakat Indonesia. Pada tahun ini dan tahun depan target peserta literasi digital adalah 12,48 juta peserta. 

Kemudian terkait dengan wirausaha, Kemenkominfo berencana mendorong 11.000 UMKM untuk meningkatkan skalanya pada tahun ini. Kemenkominfo juga menargetkan mendorong 40 perusahaan rintisan aktif, dengan 5 persen dari jumlah tersebut berhasil naik kelas ke tingkat selanjutnya. 

Adapun berdasarkan rumor yang beredar, Menkominfo baru akan diisi oleh Budi Arie Setiadi. Istana belum mengonfirmasi pertanyaan Bisnis hingga berita ini diturunkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper